Wakil Menteri Belanda Pun Memilih Bersepeda - Kompas.com

Wakil Menteri Belanda Pun Memilih Bersepeda

Kompas.com - 12/12/2008, 08:13 WIB

SELAIN membantu mengurangi polusi udara, bersepeda memang membuat tubuh lebih bugar. Tak heran bila Wakil Menteri Sosial Belanda Jetta Klijnsma lebih memilih naik sepeda ketimbang menggunakan mobil dengan sopirnya.

"Menurut saya, (bersepeda) ini baik agar kita bisa berolahraga, apalagi bila kita duduk terus-menerus dalam berbagai pertemuan sepanjang hari. Jadi, ini cara yang bagus untuk menjaga kebugaran," ujar Klijnsma dalam video yang dikirimkan ke YouTube.

Namun, karena Bu Wakil Menteri ini disabel sehingga tidak bisa berjalan tanpa bantuan penyangga, untuk bersepeda pun ia memerlukan "sopir". Menggunakan sepeda tandemnya, ia ikut mengayuh sepeda yang dikendarai Rob Schrooder, sang sopir.

"Saya sudah menjadi pembantu menteri lebih dari 10 tahun. Namun, setelah enam bulan selalu bepergian menggunakan mobil dan sopir, saya merasa ini tidak baik," ungkapnya.

Sebelum bersepeda, Klijnsma selalu menggunakan kursi roda setiap kali turun dari mobilnya. "Sampai kemudian seseorang muncul dengan gagasan untuk membeli sepeda ini. Dan, ternyata ini sangat menarik," paparnya.

Sementara itu, Rob Schrooder, sang sopir sepeda yang sudah enam tahun menjemput Klijnsma tiap hari kecuali bila jalanan tertutup es, mengaku, menikmati pekerjaan ini. "Sangat menyenangkan bersepeda dalam udara segar dengan Bu Klijnsma," katanya.

Merasakan asyiknya bersepeda dan manfaat yang didapatkan, keduanya tidak hendak menghentikan kebiasaan itu. "Saya sepertinya tidak akan meninggalkan sepeda ini. Lagipula, kami akan merasa kecewa bila tidak lagi bisa bersepeda di jalan," ujar Klijnsma yang diamini oleh sopir sepedanya.

sumber: Radio Netherlands Worldwide

Editor