Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Scorpio Ikut, Kobanita Terselenggara Tepat Waktu

Kompas.com - 10/12/2008, 17:20 WIB

JAKARTA, RABU — Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PB Perbasi) akhirnya bisa bernapas lega. Pasalnya, Liga Bola Basket Utama Wanita (Kobanita) 2008 akan berlangsung tepat waktu, yakni 15-20 Desember di GOR Soemantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan.

Kepastian Kobanita akan digelar, setelah Scorpio Jakarta menyatakan kesediaannya bergabung dengan liga basket wanita bergengsi tersebut. Sebelumnya, hanya lima tim saja yang menyatakan siap.

"Scorpio baru menyatakan kesiapannya pekan lalu," ujar Azwar Zulkarnaen, Kepala Bidang Binpres Perbasi, Rabu (10/12).

Dia mengatakan, sebelumnya hanya lima tim Kobanita yang akan bertanding. Mereka adalah Sahabat Surabaya, Rajawali Sakti Surabaya, Merah Putih Jakarta, Mahaputri Britama Jakarta, dan Tunas Bandung. Sementara Bhinneka yang semula menyatakan kesediaannya, akhirnya mengundurkan diri.

"Tak mungkin kami selenggarakan kompetisi ini hanya dengan lima tim," lanjutnya.

Ia mengakui, untuk tahun ini memang banyak peserta Kobanita yang mengundurkan diri di antaranya runner-up tahun lalu, Bhinneka Solo. Tim asal Jawa Tengah itu mundur karena masalah dana, selain juga banyak pemainnya yang sudah mulai bekerja.

Namun, tambahnya, walau bagaimanapun Kobanita masih harus tetap berjalan kendati hanya enam tim. Sebab apabila tidak diadakan tahun ini, ditakutkan pembinaan basket di bagian putri akan terhenti.

"Basket putri semakin terpuruk. Sudah tiga penyelenggaraan SEA Games kita tak ikut. Dan SEA Games Laos ini juga tidak ada basket," tambahnya.

Langkah Perbasi menyelenggarakan Kobanita tahun ini boleh dibilang berat. Setelah mundur dari yang sebelumnya direncanakan berlangsung pada 20-27 November di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, diundur menjadi 15-20 Desember.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com