Kawasaki Dominan Ninja, Kanzen Tampilkan Konsep Sasori - Kompas.com

Kawasaki Dominan Ninja, Kanzen Tampilkan Konsep Sasori

Kompas.com - 08/12/2008, 01:34 WIB

JAKARTA, SENIN - Dalam pameran dua tahunan Jakarta Motorcycle Show (JMS) 2008 yang berlangsung 6-14 Desember 2008 itu, selain Honda, Yamaha, dan Suzuki, di hall A masih ada stan Kawasaki dan Kanzen. Keduanya tampil memang tidak semegah tiga besar penguasa pasar kendaraan roda dua di Tanah Air itu.

Kendati begitu, Kawasaki yang mengusung tema "Go Green" menampilkan produk-produk yang sudah dipasarkan, baik di dalam, maupun yang di luar negeri, dan tak ada yang konsep. Di sini yang dipajang tak cuma untuk streetbike, tetapi juga menjelajah medan off-road.

Yang menarik dan banyak mendapat perhatian pengunjung adalah jenis trail. Terpajang tiga unit, dua di antaranya KLX 250 dan 150S. Satunya lagi, D.Trecker 250 yang desainnya seperti untuk menaklukkan medan reli ganas Paris-Dakar.

Adapun di kategori jalan raya, keluarga besar Ninja mendominasi, mulai dari yang 150 cc sampai berkapasitas mesin di atas 1.000 cc.

Sebelum menuju ke hall B, pengunjung dihadang oleh stan Kanzen yang menampilkan produk-produk hasil inovasi baru. Di antaranya Kanzen Hybrid, yang menganut sistem instalasi bahan bakar bensin dan LPG.

Kemudian ada motor konsep, Kanzen Sasori dan Kanzen MPM (Multi Purpose Motorcycle) yang mengusung teknologi baru. Terutama pada sistem transmisi memakai model tiptronik, yakni pemindahan gigi secara otomatis atau semi-otomatis yang pemindahan giginya melalui tombol yang terletak di tangan kiri.

Masih banyak lagi varian dari Kanzen yang desainnya bisa bikin kita tidak percaya akan karya nasional. Di antaranya Kanzen Taurus, yang meraih predikat desain terbaik versi Tabloid Motor Plus.

 

Editor

Close Ads X