Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Grup Tampil di Festival Keroncong Internasional

Kompas.com - 02/12/2008, 22:27 WIB

SOLO, SELASA--Sedikitnya 14 grup keroncong akan tampil dalam International Keroncong Festival 4 sampai 6 Desember ini di Sitiinggil Keraton Kasunanan Surakarta, Jawa Tengah.

Penyelenggara menyediakan 100 hingga 200 tempat duduk undangan khusus, sementara masyarakat bisa menyaksikan pagelaran ini melalui di layar lebar di Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta, kata ketua panitia festival Beng Mitosih di Solo, Selasa.

Festival akan diikuti oleh 14 grup keroncong dari berbagai daerah dan satu di antaranya asal Malysia. Hadir untuk memeriahkan, penyanyi terkenal Ikhsan Idol, Tia AFI dan Melly Goeslaw.

Festival akan diawali penampilan "Solo Keroncong Orkestra" yang dimainkan 40 anak-anak muda. Melalui penampilan ini diharapkan akan bisa memberikan suasana tersendiri bagi generasi muda untuk mencintai jenis musik ini.

Melalui kegiatan ini pula diharapkan keroncong bisa lebih banyak digemari oleh masyarakat dan tidak hanya generasi tua, tetapi juga kepada generasi muda yang ada di tanah air ini.

Pemilihan tempat festival yakni Sitiinggil dimaksudkan untuk mempromosikan Keraton Kasunanan Surakarta sebagai tempat obyek pariwisata, dan diharapkan bisa membangkitkan ekonomi.

Dari 14 grup keroncong yang akan tampil di antaranya Harmony Chinese Musik asal Bandung, Yayasan Warisan Johor Malaysia, IRama Bama Surabaya, Rinonce Yagyakarta.(ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com