Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR Cecar Menkeu soal Krisis

Kompas.com - 02/12/2008, 14:32 WIB

JAKARTA, SELASA  - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dicecar pertanyaan mengenai dampak krisis keuangan global terhadap perekonomian Indonesia dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (2/11).

"Kita terkejut dengan dampak krisis global terhadap Indonesia. Ini tidak main-main akan ada kebangkrutan industri dalam jumlah besar dan pasti ada PHK massal. Yang kami sampaikan adalah hasil rapat dengan Kadin Indonesia semalam, riil terjadi di lapangan," kata Anggota Komisi XI Ramson Siagian memulai pertanyaannya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan harus ada langkah serius yang konkret dari pemerintah guna mengatasi krisis yang dampaknya diperkirakan mulai terasa semester pertama tahun depan. "Apa yang dikemukakan pemerintah tidak ada yang potensial untuk selesaikan masalah. Kalau ada demo besar-besaran pekerja tekstil yang PHK pemerintah jangan kaget," katanya.

Anggota Komisi XI lainnya Melchias Mekeng mengatakan perekonomian Indonesia sekarang ibarat menyimpan api dalam sekam. Bila tidak diselesaikan dengan cepat akan berdampak sistemik terhadap berbagai sektor. "Terutama perbankan masalah yang terjadi dengan Bank Century bisa saja terjadi dengan bank-bank lain. Jangan diremehkan. Harus ada antisipasi dari pemerintah dan Bank Indonesia," paparnya.

Anggota Komisi XI Fraksi Golkar Ahmad Hafidz Zawawi mengatakan harus ada upaya konkret pemerintah upaya mencegah krisis sejak dini. "Harus dipetakan sektor apa saja yang paling kena krisis. Dampak krisis terhadap APBN. Baiknya disampaikan hal terburuk yang berakibat dari krisis jadi dicari jalan keluar," katanya.

Menurut dia dalam krisis ini harus ada langkah berani dari pemerintah untuk mengantisipasi krisis. "Kalau dikatakan ada kebijakan stimulus fiskal. Dalam tahun normal pun ada kebijakan itu. Harus ada kebijakan yang berbeda," paparnya.

Terhadap sektor riil, Hafidz meminta perhatian serius pemerintah. Kalau terjadi PHK akan membuat terjadinya gangguan sistem sosial di masyarakat. Kendati dicecar dengan pertanyaan sedemikian rupa, Menkeu tampak serius memerhatikan semua masukan dari Dewan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com