Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Model Plafon Kreatif

Kompas.com - 27/11/2008, 16:44 WIB

PLAFON tidak hanya dihasilkan dari material biasa. Material alternatif seperti glass block, fiber, gedek, bahkan dak beton membuat tampilan lebih aktraktif. Ide-ide berikut bisa menjadi inspirasi baru bagi Anda.

Glass block - Meski bukan unsur yang dapat berdiri sendiri, glass block dapat jadi bagian plafon ruangan. Aplikasi disatukan dengan konstruksi rangka atap dak beton. Pola yang dihasilkan dari glass block beragam. Pola kotak simetris atau yang lain, dapat menjadi unsur dekoratif ruang. Secara fungsional glass block sebagai jalan masuk cahaya.

Fiber - Material ini bersifat transparan, meski ada juga yang buram. Banyak digunakan sebagai penutup atap. Berfungsi memendarkan cahaya. Terbuat dari serat plastik, dan biasa dijual dalam bentuk lembaran beraneka ukuran.

Gedek - Material ini dahulu banyak digunakan sebagai dinding rumah. Terbuat dari anyaman bambu. Tersedia dalam ukuran besar 3mx3m. Termasuk ke dalam material ringan untuk plafon.

Kain - Fungsi material ini hanya lebih sebagai aksen. Pengaplikasian yang salah memungkinkan kain robek atau rusak. Material kain dapat dipasang untuk penutup kubah.

Dak Beton - Sering kita temui dak beton hunian dibiarkan tanpa pelapis lain. Dengan mengekspos beton justru memberi kesan unik. Kesan unik muncul sebagai efek proses pengecoran. Efek ini bisa dihasilkan dari material dasar bekisting cor-coran.


Penulis: Whery

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com