Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amdal Penambangan Pasir Besi di Kulon Progo Harus Objektif

Kompas.com - 24/11/2008, 19:21 WIB

YOGYAKARTA, SENIN - Studi analisis mengenai dampak lingkungan atau Amdal proyek penambangan pasir besi di pesisir pantai Selatan Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta harus bisa dilakukan objektif dan menjunjung tinggi profesionalitas. Hal itu diungkapkan Basuki AR, juru bicara Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPRD DIY dalam rapat paripurna DPRD DIY.

"Fraksi PKS mengimbau kepada PT Jogja Magasa International dan lembaga yang akan melakukan studi Amdal agar melakukan studi Amdal benar-benar menjunjung tinggi profesionalitas dan objektivitas," ujarnya. Hal ini karena terdapat indikasi sehingga pihaknya meragukan studi Amdal betul-betul akan dilakukan oleh lembaga independen secara profesional dan proporsinal.

Sebelumnya, Direktur Lembaga Bantuan Hukum Yogyakarta, Irsyad Thamrin, di DPRD DIY juga menyerukan Amdal harus dilakukan secara obyektif dan jujur. Pihaknya, kini akan menjalin kerja sama dengan para pakar untuk melakukan studi lingkungan dan sosial terkait dampak penambangan pasir besi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com