Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memasang Plafon Papan Semen

Kompas.com - 21/11/2008, 13:05 WIB

PLAFON papan semen sudah mulai banyak dipergunakan. Langkah ini sejalan dengan upaya pemilik rumah mencari alternatif material plafon yang lebih murah, kuat, serta praktis dalam pemasangan dan perawatan.

Seperti halnya tripleks, papan semen dapat dipasang secara mudah. Prosesnya pun mirip. Meski demikian, kita perlu mencermati proses pemasangan plafon papan semen, agar hasilnya jauh lebih baik dari plafon dari tripleks. Berikut kami sampaikan tahapan pemasangan plafon papan semen.

Pertama, siapkan peralatan dan bahan. Peralatan yang harus disediakan di antaranya cutter, gergaji kayu, palu, mesin bor, paku, sekrup, kape, amplas. Sedang bahan yang digunakan adalah papan semen tebal 4mm atau 5mm, serta compound khusus papan semen.

Kedua, mulailah pemasangan. Buatlah rangka plafon dengan acuan sebagai berikut: satu lembar papan berukuran  1220mmx2440mm dapat dibuatkan dua modul rangka. Masing-masing berukuran 610x2440mm. Rangka bisa berbahan kayu ataupun besi.

Setelah rangka terpasang sebagai struktur, mulailah memasang papan. Jangan lupa sesuaikan ukuran papan dengan rangkanya. Pasang papan ke rangka  menggunakan sekrup. Gunakan bor untuk mempercepat pemasangan sekrup.

Buatlah nat antara papan semen yang satu dengan lainnya. Setelah semua papan terpasang, tutup nat dan lubang bekas sekrup dengan kompon, tunggu kering, ratakan menggunakan amplas, dan catlah plafon menggunakan cat tembok.

Penulis: Whery
Foto: Rai
Properti: GRC Board

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com