Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandala Tetap Optimistis

Kompas.com - 30/10/2008, 17:50 WIB

PADANG, KAMIS - Manajemen PT Mandala Airlines optimis krisis finansial yang kini sedang melanda dunia tidak akan berdampak signifikan terhadap perusahaan ini. Alasannya, Mandala jauh-jauh hari sudah mempersiapkan peremajaan armada. Sudah begitu, pelaksanaannya tetap konsisten sesuai rencana.
    
"Ke depan kompetisi bisnis penerbangan akan lebih ketat, tetapi bagi Mandala Airlines Inysa Allah dengan peremajaan armada yang tetap konsisten dijalankan sesuai rencana, tidak akan terpengaruh signifikan," kata Kepala Humas PT Mandala Airlines Trisia Megawati KD di Padang, Kamis (30/10).
    
Dia menjelaskan, meski Indigo Partners, salah satu di antara pemegang saham Mandala berada di Amerika Serikat (AS), tetap saja imbas krisis itu tidak signifikan. Pasalnya, investor lain ada di berbagai belahan dunia. Di antaranya di Eropa dan Asia.
  
    
Trisia memprediksi apabila ada maskapai yang kurang solid, mungkin maskapai itu perlu melakukan konsolidasi agar tetap eksis di bisnis penerbangan di tengah ketatnya persaingan. "Saya juga tidak tahu pasti bagaimana maskapai lain. Tetapi melihat ketatnya persaingan bisnis pada 2009 nanti, maskapai yang kuat yang bisa bertahan, jika krisis finansial terus berlanjut," katanya.
    
Namun, Mandala melalui peremajaan armada yang sudah dimulai sejak 2007 dengan menghentikan penggunaan semua pesawat jenis B737-200 dan menggantinya dengan armada Airbus A320 dan A319, bertekad menjadi maskapai penerbangan di Indonesia yang selalu memberikan pilihan kepada penumpang.
    
Selain itu, kata dia, Mandala sudah memesan 30 pesawat jenis airbus baru pada 2007 senilai 1,8 miliar dollar AS yang dikelola jajaran manajemen di bawah pimpinan mantan pejabat senior Ryanair, Warwick Brady.
    
"Dengan armada Airbus, penumpang akan lebih aman dan nyaman karena lapang dan target lima juta penumpang hingga akhir 2008 optimis bisa tercapai," katanya.
    

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com