Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY Dorong Konsumsi CPO

Kompas.com - 28/10/2008, 17:59 WIB

JAKARTA, SELASA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro dan petinggi Pertamina untuk segera menggenjot konsumsi crude palm oil (CPO) atau minyak kelapa sawit.

"Kita minta menteri ESDM, dan pertamina untuk segera melaksanakan langkah-langkah nyata. Jangan sampai ada jarak keputusan yang kita ambil dengan implementasi nanti di lapangan," kata Presiden Susillo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (28/10).

Menurut Presiden Yudhoyono, langkah itu untuk menyelamatkan petani-petani kelapa sawit yang tengah ketar-ketir merugi lantaran anjloknya harga CPO di luar negeri. "Kebijakan politik dagang kita akhirnya meniscayakan untuk betul-betul bisa digunakan lebih banyak lagi di dalam negeri," katanya.

Sebelumnya Presiden Yudhoyono mengingatkan, peningkatan angka konsumsi CPO pada mulanya dilakukan untuk menyelamatkan pundi-pundi uang RI menyusul lonjakan harga minyak mentah dunia. Namun ketika krisis keuangan terjadi di Amerika Serikat, harga CPO pun melorot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com