Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harapan Pada Walikota Baru, Jangan Ada Lagi Razia

Kompas.com - 26/10/2008, 19:35 WIB

TANGERANG,MINGGU - Banyak harapan dari masyarakat, tidak terkecuali para  pedagang kaki lima melalui proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang yang berlangsung Minggu (26/10). Terhadap walikota baru nanti, para pedagang berharap tidak lagi berjualan secara 'kucing-kucingan' dengan Satpol PP  tetapi juga diberikan izin dan tempat yang layak untuk berjualan.   "Biarpun nanti sewanya mahal, asal pembelinya banyak saya pasti mau," kata Tarjan, salah satu penjual gorengan, di Tangerang, Minggu (26/10).  

Dulunya Tarjan berjualan gorengan di depan Masjid Raya Tangerang. Suatu ketika, dengan alasan merusak pemandangan masjid dan tidak boleh ada pedagang kaki lima di pusat kota, akhirnya Tarjan dipindahkan kebelakang masjid. Meskipun masih berada di area masjid, tapi jauh dari pusat keramaian. Kalaupun ramai hanya pada sholat Jum'at saja.  

Tarjan kini setiap hari lebih memilih berjualan keliling sekitar kota Tangerang dengan resiko ada pengerukan dari petugas Satpol PP. "Kalau tidak bisa jualan, anak istri saya mau makan apa," tambah Tarjan.  

Harapan yang sama juga disampaikan Aziz, pedagang rujak buah yang biasa mangkal di sekitar pusat perbelanjaan Robinson Tangerang.   Aziz menuturkan, ketika masih diberi izin berjualan tepat di depan pusat perbelanjaan tersebut, omset yang diterima setiap cukup lumayan terbukti sekalipun membawa banyak buah dagangannya pasti habis.

Namun ketika dipindahkan ke dalam gang, keadaan itu berbanding terbalik apalagi jalan  di depan pusat perbelanjaan tersebut diberi pembatas beton, sehingga pembeli harus berputar cukup jauh hanya untuk mencicipi rujak buahnya.   " Langganan saya sekarang sudah mulai jarang datang, mungkin malas berputar kalau hanya untuk beli rujak," lanjut Aziz.  

Atas dasar kebutuhan hidup, Aziz kini kembali berdagang di depan pusat perbelanjaan Robinson dan berharap siapapun walikota baru nanti lebih memperhatikan rakyat kecil seperti dirinya.  

Sambil menunggu harapannya terwujud, setiap hari Aziz dan pedagang yang lain harus selalu waspada terhadap Satpol PP. Jika sewaktu-waktu terjadi razia, terlambat sedikit saja gerobak akan dirusak dan diangkut tanpa memberikan ganti rugi sedikitpun.
Sender : briko alwiyanto

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com