Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Majalengka, Perhitungan Sementara Suka Unggul

Kompas.com - 26/10/2008, 17:55 WIB

MAJALENGKA, MINGGU - Perhitungan sementara tim sukses pasangan calon Sutrisno-Karna Sobari (Suka) berhasil membawa calon yang didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan unggul dalam Pilkada Majalengka 2008. Kemenangan Suka diharapkan bisa mengawal PDIP dalam pemilihan presiden dan legislatif 2009.

Perhitungan cepat tim sukses Suka hingga pukul 16.00, Minggu (26/10) di beberapa TPS secara acak, Suka unggul 32 persen dari 93.589 suara sah yang masuk, atau 10 persen dari jumlah pemilih yang terdaftar. Anggota tim sukses Suka menjelaskan, perolehan suara Suka sebanyak 32.592, disusul pasangan Abah Encang-M Iqbal (Baiq) 15.711 suara, dan pasangan Suhardja-Ateng Sutisna (Sahate) 13.761 suara.

Ketua DPD PDIP Jawa Barat Rudi Harsa sangat berharap angka perhitungan sementara saat ini bisa bertahan sampai semua suara masuk dan terdata. Sebab, dengan kemenangan Suka di Majalengka akan memperkuat suara PDIP di wilayah pantura untuk pemilihan presiden dan legislatif 2009. Pasalnya, dari empat pilkada di wilayah III Cirebon, PDIP menang di Kota Cirebon dan Kuningan.

Untuk sementara, perhitungan cepat yang dilakukan pada Pilkada Majalengka dan Kabupaten Cirebon, PDIP unggul. Sementara itu, hasil perhitungan super cepat oleh pasangan Yunus Sanusi-Dedi Supriadi (Hayu Hade) juga menunjukkan hal yang sama. Pasangan Suka unggul dengan perolehan 26 persen suara, disusul pasangan Hayu Hade 22 persen suara, dan Abah Encang-M Iqbal dengan menumpulkan 13 persen suara.

"Ini adalah hasil 58,8 persen dari 102 TPS yang kami jadikan sample. Sisanya baru diketahui beberapa jam lagi," ujar Asep Aminudin, Sekretaris tim sukses Hayu Hade, Minggu sore.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com