Kamis, 24 Juli 2014

News / Regional

NU Pecah? Pasangan Karsa Kumpulkan PCNU

Minggu, 26 Oktober 2008 | 14:45 WIB

Laporan Wartawan Kompas Kris R Mada

SURABAYA, MINGGU — Pasangan calon Gubernur Jawa Timur Soekarwo-Syaifullah Yusuf alias Karsa mengumpulkan 28 pengurus cabang NU Jawa Timur di Surabaya, Minggu (26/10). Mereka ingin menjelaskan beberapa isu kepada para pengurus tersebut.

Syaifullah mengatakan, pihaknya antar lain menjelaskan bahwa Karsa bukan diusung Muhammadiyah saja. Isu itu dihembuskan oleh pihak lain sejak pilgub Jatim dipastikan berlangsung dua putaran. "Itu isu menyesatkan karena saya ini ketua Banom (badan otonom) NU dan keturunan pendiri NU," ujarnya.

Sementara Ketua Dewan Tanfidz NU Magetan Erfanudin menyatakan, kehadiran mereka untuk menunjukkan NU bersatu dalam pilgub Jatim. Selama ini, ada kesan NU terpecah karena ada dua ketua Banomnya ikut putaran kedua pilgub Jatim. Syaifullah menjadi wakil Soekarwo. Sementara Ketua Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa menggandeng Mudjiono. "Kami malu NU harus terpecah-pecah gara-gara urusan politik seperti ini. Organisasi lain bisa bersatu dan solid mengusung calon," tuturnya.


Editor :