Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik, Potensi Golput Pilkada Jatim Putaran II

Kompas.com - 26/10/2008, 09:13 WIB

MALANG, MINGGU — Potensi warga Kota Malang yang tidak menggunakan hak pilihnya alias golput pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur putaran II diperkirakan meningkat dari sekitar 34 persen pada pilgub putaran I Juli menjadi sekitar 40 persen.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang Hendry, Minggu (26/10), mengatakan, calon pasangan yang diusung cukup banyak saja angka golputnya mencapai 34 persen, apalagi putaran II yang hanya diikuti dua pasangan calon.

Meski demikian, pihaknya berupaya menekan angka golput seminimal mungkin dengan cara sosialisasi kepada masyarakat, baik melalui stiker, brosur, maupun spanduk-spanduk di lokasi-lokasi strategis dan mudah dibaca oleh warga.

"Kalaupun nanti angka golput tetap tinggi meski sudah dilakukan sosialisasi, saya berharap penyebabnya bukan karena masyarakat tidak mengetahui jadwal pelaksanaan pilgub putaran II, tetapi disebabkan hal lain di luar ranah dan kewenangan KPU," katanya.

Sementara itu, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada pilgub putaran II di Kota Malang bertambah sekitar 6.555 orang sehingga DPT kota pendidikan itu menjadi 568.753 orang dari 562.198 pemilih pada putaran I.

Menurut Hendry, penambahan DPT itu dari data pemilih baru yang telah memasuki usia 17 tahun pada November 2008 sehingga mereka punya hak pilih. Namun, ada juga di antara mereka yang pada putaran I belum didata panitia pemungutan suara, panitia pemungutan kecamatan, ataupun KPU sendiri.       

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com