Selasa, 29 Juli 2014

News / Regional

Investasi Perkebunan Sawit Diminta Bangun Industri Hilir di Kalteng

Senin, 13 Oktober 2008 | 14:30 WIB

PALANGKARAYA, SENIN - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Achmad Diran, meminta agar perkebunan-perkebunan kelapa sawit di provinsi tersebut membangun industri hilir di Kalteng. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi gabungan perusahaan perkebunan kelapa sawit agar Kalteng jangan hanya menjadi lokasi penanaman, tetapi juga mendapat manfaat dari keberadaan industri pengolahan. Industri pengolahan dimaksud antara lain pengolahan minyak sawit mentah, sabun, atau margarine.

"Sedih kalau melihat sawit keluar dari Kalteng ke pelabuhan-pelabuhan di Jawa atau Sumatera, lalu masyarakat di sini harus membeli minyak goreng berbahan sawit tadi dari Jawa," kata Achmad Diran pada pelatihan sistem informasi potensi investasi daerah digelar di Aula Eka Hapakat, kompleks Gubernuran Kalimantan Tengah, di Palangkaraya, Senin (13/10).

Selain dihadiri Wakil Gubernur Kalteng, Achmad Diran, pembukaan acara pelatihan tersebut juga Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalteng, Bambang Suryadi, serta para kepala satuan kerja perangkat daerah.

Hadir juga perwakilan dari Komite Badan Koordinasi Penanaman Modal Nasional dan narasumber dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Gorontalo untuk memberi materi dalam acara tersebut.


Editor :