Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Perkebunan Sawit Diminta Bangun Industri Hilir di Kalteng

Kompas.com - 13/10/2008, 14:30 WIB

PALANGKARAYA, SENIN - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Achmad Diran, meminta agar perkebunan-perkebunan kelapa sawit di provinsi tersebut membangun industri hilir di Kalteng. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi gabungan perusahaan perkebunan kelapa sawit agar Kalteng jangan hanya menjadi lokasi penanaman, tetapi juga mendapat manfaat dari keberadaan industri pengolahan. Industri pengolahan dimaksud antara lain pengolahan minyak sawit mentah, sabun, atau margarine.

"Sedih kalau melihat sawit keluar dari Kalteng ke pelabuhan-pelabuhan di Jawa atau Sumatera, lalu masyarakat di sini harus membeli minyak goreng berbahan sawit tadi dari Jawa," kata Achmad Diran pada pelatihan sistem informasi potensi investasi daerah digelar di Aula Eka Hapakat, kompleks Gubernuran Kalimantan Tengah, di Palangkaraya, Senin (13/10).

Selain dihadiri Wakil Gubernur Kalteng, Achmad Diran, pembukaan acara pelatihan tersebut juga Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalteng, Bambang Suryadi, serta para kepala satuan kerja perangkat daerah.

Hadir juga perwakilan dari Komite Badan Koordinasi Penanaman Modal Nasional dan narasumber dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Gorontalo untuk memberi materi dalam acara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com