Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gemerincing Duit Bisnis Kaus Olahraga

Kompas.com - 18/09/2008, 08:41 WIB

BISNIS kaus olahraga tak pernah lekang dimakan zaman. Pasarnya selalu hidup karena peminatnya pun tak pernah surut. Mulai dari anak-anak sampai kakek-kakek gemar mengenakannya, apalagi pada saat Piala Dunia berlangsung. Indonesia boleh saja belum punya klub sepak bola setenar Real Madrid atau Manchester United. Namun, bicara soal bisnis kaus olahraga, Indonesia jelas tak kalah.

Jika suatu saat Anda berkunjung ke Italia dan membeli produk pakaian olahraga Nike, coba cek saja labelnya. Pasti ada yang buatan Indonesia. Nah, perusahaan yang membuat kaus itu adalah Vilour Promo, sebuah perusahaan asal Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Perusahaan milik Freddy Mudjianto ini sudah beberapa tahun menjadi pemasok pakaian olahraga Nike atas pesanan pengusaha Italia Fabiscio Korlanini, pemegang lisensi Nike sekaligus pemilik jaringan department store yang patut diperhitungkan di Italia.

Vilour yang berdiri pada tahun 1983 silam ini merupakan pelopor kaus berlogo klub-klub sepak bola kenamaan dunia. Selain bergerak di bisnis garmen pakaian olahraga, sejak tahun 1997 Freddy memperluas cakupan bisnis dengan membuka gerai-gerai penjaja kaus olahraga bikinannya. Semula Freddy Mudjianto tak pernah membayangkan perusahaannya yang membidangi konveksi kaus berkembang seperti sekarang.

Semasa kuliah di Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung, pada 1980-an ia cuma memasok kaus untuk kegiatan perpeloncoan di almamaternya. Bersama pacarnya, Esther Suryani, yang kemudian jadi pasangan hidupnya, ia memulai usaha kecil-kecilan dari rumah kontrakan yang terletak tak jauh dari kampusnya. Modal Awal Freddy membangun bisnis ini hanya Rp 6 juta yang dikuras dari tabungan sendiri.

Dari jumlah itu ia nekat mengontrak rumah di Jalan Dipatiukur 76 A, Bandung, senilai Rp 1,6 juta untuk dua tahun. Selebihnya ia belikan dua mesin jahit, satu mesin potong, dan tiga mesin obras. Karyawannya hanya teman-teman yang bersedia membantu. Dari sekadar melayani kebutuhan kampus, ia kemudian mencoba masuk ke sekolah-sekolah dengan menawarkan seragam olahraga.

Tak disangka, pada akhir 1980-an bisnisnya tumbuh pesat. Bukan cuma seragam kaus yang ditangani, melainkan juga topi, tas, dan jaket. Pelanggan pun meluas. Tak hanya di Bandung dan Jawa Barat, tapi juga kota-kota lain. Perusahaan-perusahaan besar, seperti Telkom, Pos Indonesia, Good Year, P&G, Sosro, dan Indomobil, juga memercayainya.

Pelan tapi pasti bisnis Freddy melaju. Memasuki tahun 1997 omzet Vilour mencapai Rp 14 miliar. Pada tahun itu pula namanya mulai mendunia. Ketika itu ia diperkenalkan teman kuliahnya dengan pengusaha pakaian olahraga asal Italia, Plabitio Forlanini dan Moreno. Pemilik 27 jaringan supermarket di Italia itu memesan 22.000 setel baju training Nike senilai Rp 2,2 miliar. Peluang itu langsung disambarnya.

Untuk bisa memenuhi pesanan tepat waktu, Freddy tak mengerjakannya sendiri. Ia membangun kemitraan dengan perusahaan konveksi lain dan membantunya makin berkembang. Kini Vilour Promo Indonesia telah memiliki karyawan sebanyak 150 orang dan memiliki kapasitas mesin sebanyak 80 unit dengan jumlah produksi per bulan sebanyak 10.000 lusin dan omzet sebesar Rp 12 miliar per tahun.

Jumlah ini adalah untuk produksi garmen, khususnya untuk kaus tanpa kerah (t-shirt), kaus berkerah (sport shirt), jaket, topi, handuk, dan berbagai macam tas. Vilour Freddy tengah gencar menawarkan peluang kerja sama bisnis garmen bagi masyarakat yang berminat.

Bukan tanpa sebab jika Vilour membuka peluang tersebut. Kata Freddy, ia menawarkan kerja sama alias kemitraan untuk memperkuat jaringan bisnis Vilour. "Daripada menumpuk karyawan di satu tempat, lebih baik mempunyai mata rantai yang kuat," ujar Freddy yang mantan pengacara itu.

Dengan jaringan kemitraan itu, jika suatu saat Vilour memperoleh order dalam jumlah besar, Freddy tinggal melempar sebagian order kepada mitra-mitranya. Ia tidak perlu pusing lagi memikirkan kualitas produk. Freddy menawarkan dua macam kerja sama, yakni menjadi mitra gerai pemesanan atau mitra produksi garmen dan menjadi mitra gerai penjualan produk-produk buatan.

=======================

Vilour Promo
Jalan Dipatiukir 76 A, Bandung
022-70816699/0811220399

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com