Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Gran Max Murah Meriah Tapi Wah!

Kompas.com - 17/09/2008, 15:01 WIB

Kabar gembira bagi pemilik Daihatsu Gran Max Minivan. Juga berita bagus buat mereka yang sudah ancar-ancar memilih atau sedang mempertimbangkan untuk membeli kendaraan ini untuk kebutuhan transportasi keluarga. Pasalnya, bila ingin tampil beda alias “custom” nantinya, bisa mengikuti jejak yang dilakukan oleh Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra. Yaitu membuat penampilan Gran Max makin menarik dan tentu saja dengan kenyamanan ‘wah'. Biayanya murah meriah, maksimum Rp 15 juta.

Biaya tersebut bisa dikurangi bila anda mampu melakukan “trade- in” sendiri, yaitu menjual komponen lama sebagai tambahan untuk membeli komponen baru. Misalnya, menjual ban dan pelek asli berikut joknya. Khusus untuk tukar-tambah, pemilik Gran Max harus melakukannya sendiri karena dealer Daihatsu tidak melayani fasilitas ini.

Menurut Amelia, bagi pemilik Gran Max yang berminat memodifikasi kendaraan seperti yang dilakukannya, bisa berkonsultasi atau menghubungi dealer Daihatsu terdekat.

Eksterior
Dari luar, yang sangat berbeda dari Gran Max ini adalah ban. Pada minivan ini digunakan pelek Excel 16 inci. Sedangkan ban, Bridgestone Potenza 195/55-R16. Menurut Amelia, untuk satu set pelek, 4 buah, ia harus mengeluarkan dana sekitar Rp 2,2 juta. Sedangkan buat ban, 4 buah, Rp 2,8 juta. Dengan mengganti pelek dan ban saja, penampilan Gran Max makin tampak makin gagah!

Menurut Priyo Wisaksono, dari Marketing Support ADM, penggantian ban tidak perlu merombak atau menggantian bagian lain dari kaki-kaki. Misalnya suspensi dan fender. “Dengan cara ini biaya modifikasi lebih murah dan pelaksaannya lebih cepat,” ungkap Priyo.

Ditambahkannya, pelek ban ban 17 inci juga masuk ke fender Gran Max tanpa harus melakukan modifikasi. “Agar ban tidak menghantam fender atau kaki-kaki, jangan menggunakan ban yang lebarnya lebih dari 195,” ingatnya. Sedangkan untuk pelek dan ban 195/55-R16, tidak masalah. Tingkat kenyamanan setelah pengganti ban ini tetap saja sama dengan aslinya.

Tambahan lain pada eksterior adalah “side moulding” Rp 650.000. Kebutulan Gran Max yang digunakan untuk modifikasi ini berbeda dengan yang dijual untuk konsumen Indonesia. Dalam hal ini, Amelia membeli versi ekspor.

“Tujuan saya beli tipe ekspor untuk mendapatkan transmisi otomatik. Grand Max yang dijual di Indonesia, saat ini menggunakan transmisi manual,” jelasnya. Karena itulah, penampilan minivan ini sedikit berbeda. Di bagian atas pintu belakang minivan ini ada lampu rem tambahan. Sedangkan di dasar kaca depan sebelqah kiri, ada tambahan kaca spion kecil.

“Captain Seat”
Di interior, perubahan cukup mencolok. Seluruh jok dan door trim, berubah total. Untuk jok digunakan bahan kulit asli. Pada deret kedua, dipasang jok model “captain seat” atau tunggal. Sedangkan belakang, deret ke tiga, menghadap ke depan, digunakan jok biasa yang biasa memuat 3 penumpang. “Jadi yang istimewa jok penumpang tengah,” tambah Amelia.

Dijelaskan, jok dan door trim dibuat dalam satu paket. “Harganya tak lebih dari Rp 4,5 juta,” jelasnya. Selanjutnya ia memasang gorden pada seluruh pintu samping dan belakang. Untuk ini, termasuk relnya, butuh biaya Rp 1 juta. Sedangkan  wood panel di bagian tengah plus konsol boks antara kedua jok depan, harganya Rp 500.000. “Panel asli bagian tengah diproses dengan celup untuk mendapatkan motif "wood panel". Sedangkan konsol boks dengan motif yang sama, diberi gratis oleh vendor yang mengerjakannya,” ungkap Priyo. Karena itulah, ia menyarankan, kalau menginginkan aksesori seperti itu, bisa menghubungi dealer Daihatsu.

Untuk meningkatkan kenyamanan, di bawah karpet, ditambahkan pula peredam panas atau suara. Untuk ini, hanya keluar dana Rp 1,5 juta. Hasilnya, minivan ini lebih tenang. Tak lupa audio juga diganti dengan seharga Rp 1 dan tetap mempertahankan speaker standar. Di samping itu juga ada tambahan karpet dari karet pada foot step pada kedua pintu samping belakang. Hasilnya, Gran Max ini berkesan “wah”. Menariknya, modifikasi bisa dilakukan secara bertahap. Berminat? Hubungi dealer Daihatsu terdekat!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com