Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hidup Seimbang Uchu Riza

Kompas.com - 14/09/2008, 01:49 WIB

Ninuk Mardiana Pambudy

Siang dua pekan lalu Uchu Riza muncul di ruang rapat Kidzania di Pacific Place Jakarta tepat waktu sesuai janji. Dia terlihat sangat efisien dalam balutan blus putih, rok hitam, dan skarf hitam-putih, gambaran yang mewakili pula sebagai kepala sekolah.

Ruang kerjanya di Kidzania yang minim perabot itu juga mengingatkan pada efisiensi. Tanpa membuang waktu dia langsung menceritakan tentang Kidzania Indonesia yang dia dirikan bersama suaminya. Ini adalah waralaba dari Meksiko berupa pusat rekreasi berkonsep bermain sambil belajar bagi anak-anak usia 2-16 tahun.

”Ini tempat dokter gigi. Anak-anak bisa menjadi seperti dokter gigi dengan boneka dan peralatan dokter gigi. Ini ruang operasi, kantor polisi, studio televisi, sampai kantor pajak. Di ruang yang itu anak-anak belajar akting dan langsung pentas,” kata Uchu yang ibarat pemandu wisata menjelaskan wahana satu ke wahana lain. ”Kami masih kekurangan sponsor. Perusahaan Indonesia kurang berminat, yang menjadi sponsor semua perusahaan multinasional.”

Selalu mencari hal-hal baru yang inovatif. Itu membuat Uchu Riza memboyong Kidzania asal Meksiko ke Jakarta, menjadikan tempat belajar dan rekreasi yang dibuka November 2007 itu yang pertama di Asia Tenggara dan kedua di luar Meksiko setelah Jepang.

Sebelumnya, lima tahun lalu dia mendirikan sekolah Islam internasional Al Jabr dan sekarang mencapai kelas empat.

Untuk mewujudkan pilihannya itu dia bekerja tak tanggung-tanggung. Uchu sendiri terbang ke Meksiko belajar mengelola tempat rekreasi tersebut.

Begitu juga dengan Al Jabr, yang oleh Uchu disebut sekolah Islam pertama di Indonesia yang mengacu pada sistem International Baccaulerate (IB). Setahun empat kali bersama-sama beberapa guru Uchu ikut workshop IB di berbagai kota dunia.

”Seminggu sekali saya memberi pelatihan untuk karyawan di Kidzania dan guru di Al Jabr dengan topik yang mereka pilih sendiri,” papar Uchu yang bernama lengkap Roestriana Adrianti Riza.

Pendidikan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com