Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jetty Segera Hadir di Tiga Gili Lombok

Kompas.com - 08/09/2008, 15:10 WIB

MATARAM, SENIN - Obyek Wisata Gili atau Pulau Kecil Trawangan di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) paling ramai dikunjungi wisatawan mencapai 40 ribu orang per tahun.
      
"Sementara dua gili lainnya, yakni Gili Meno dan Gili  Air dikunjungi sekitar 20 ribu wisatawan per tahun," kata Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya  Lombok Barat, Tjok Sutendrarai di Mataram, Senin (8/9).
     
Gili Trawangan dengan luas  sekitar 338 hektare baru dikembangkan menjadi obyek wisata pada era 1980-an dan mengandalkan wisata bahari dengan pantai dan taman bawah laut.
     
Bahkan di Gili Trawangan terdapat karang biru yang merupakan satu-satunya di Indonesia, bahkan di dunia terdapat ada dua tempat karang biru, yakni d Karabia dan Gili Trawangan.
     
Dalam mengembangkan Gili Trawangan sebagai daerah tujuan wisata, pemerintah Kabupaten Lombok Barat mengambil kebijakan pengembangan berbasis masyarakat.
     
Hanya investor lokal yang diperkenankan membuka usaha disini, dan semua tempat penginapan berbentuk cottage kelas melati dan tidak boleh ada hotel berbintang.
     
Jumlah kamar penginapan yang tersedia sekitar 700 kamar dengan tarif per malam bervariasi antara 35 ribu hingga satu juta rupiah dimana setiap cottage di tempat ini menawarkan peralatan menyelam snorkeling untuk melihat pemandangan taman laut di pinggir pantai.
     
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB akan membangun jetty (dermaga) untuk yacht (kapal persiar) yang belakangan ini makin ramai mengunjungi ketiga objek wisata tersebut.
     
Kepala Sub Dinas (Kasubdin) Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, Mahdi Muhamad,  mengatakan, tiga dermaga jetty akan dibangun dengan anggaran APBN dan dana pendamping dari APBD 2008.
     
"Dengan adanya dermaga khusus itu, diharapkan wisatawan akan makin banyak datang, sehingga memberi penghasilan tambahan bagi masyarakat pedagang cendera mata di daerah itu," ujarnya.
     
Pembangunan jetty di tiga gili itu berkaitan langsung dengan upaya menyukseskan program nasional Visit Indonesia 2008 dan  menargetkan angka kunjungan wisatawan sebanyak 600.000 orang.
     
Untuk itu,  sejak awal Januari hingga kini NTB gencar menggelar beragam acara menarik yang diyakini bisa menjaring wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.
     
Program menarik yang akan digelar dalam waktu dekat untuk menyemarakkan VIY 2008 adalah Festival Nyalle dan Festival Senggigi. Selain itu, promosi daya tarik kepariwisataan NTB juga gencar dilakukan baik di dalam maupun luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com