Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diet Antioksidan Hindarkan Kebutaan

Kompas.com - 08/09/2008, 12:18 WIB

INGIN memiliki penglihatan yang tajam dan terhindar dari risiko kebutaan? Cobalah untuk menambah porsi makanan sehat mengandung antioksidan dalam menu Anda.

Mengonsumsi secara rutin sumber makanan kaya antioksidan seperti blueberry, artichoke (Helianthus tuberosus) dan kacang pecans mungkin akan sangat membantu menghindari penurunan kualitas penglihatan yang bisa berujung pada kebutaan.

Seperti dilaporkan Journal of Biological Chemistry, suatu riset mengindikasikan bahwa antioksidan mampu menghadang proses degenerasi makular atau memburuknya makula--bagian paling sensitif dari retina. Antioksidan juga berperan besar memperpanjang masa hidup sel-sel retina dan footoreseptor pada mata.

Peneliti menjelaskan, degenerasi makular biasanya timbul akibat suatu proses yang disebut "destructive synergy" yang terjadi saat timbulnya penimbunan zat disebut A2E  yang mengganggu produksi energi pada mitokondria, atau pembangkit tenaga dalam sel-sel. 

Minimnya energi yang dihasilkan oleh mitokondria akan mengganggu aktivitas pemeliharaan dan pembersihan fotoreseptor serta sel-sel retina mata setiap hari. Akibatnya, A2E akan terus menumpuk dan memicu kerusakan pada sel-sel  visual yang sangat vital dan tak tergantikan.

Riset para ahli dari Brigham Young University dan Weill Medical College of Cornell University menggunakan sel-sel visual mata manusia, tikus dan sapi telah menunjukkan bahwa antioksidan benar-benar mampu menghadang dan mencegah kerusakan yang disebabkan proses ini.

"Implikasi penelitian ini adalah bagi mereka yang berisko mengalami degenerasi makular dapat mencegahnya dengan mengonsumsi antioksidan," ungkap salah seorang peneliti, Heidi Vollmer-Snarr.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com