Selasa, 2 September 2014

News / Regional

Padi Supertoy, Singkatan dari Supriyadi Alias Toyo?

Sabtu, 6 September 2008 | 17:33 WIB

BANTUL, SABTU - Temuan varietas padi Supertoy oleh Supriyadi atau Toyo, selama ini tidak pernah melibatkan Dinas Pertanian dan Perkebunan kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
     
"Supriyadi atau Toyo si penemu Supertoy memang warga kecamatan Sanden, kabupaten Bantul, tapi ia tidak pernah melibatkan Dinas Pertanian Bantul dalam proses  temuan varietas padi miliknya itu," kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan kabupaten Bantul, Edy Suharyanto, Sabtu.
     
Edy mengatakan bahwa temuan varietas Supertoy, milik Toyo tersebut hanya produk individu atau kreativitas pribadi yang dikembangkan di kalangan petani, dan seandainya bermasalah, hal tersebut bukan tanggung jawab Dinas Pertanian Bantul.
     
Toyo baru terbiasa dengan hal-hal berbau padi-padian sekitar tiga tahun dan sejak namanya disebut-sebut menemukan varietas baru, yang bersangkutan  tidak pernah melapor ke Dinas atau mengajak koordinasi.
     
"Jangankan koordinasi dengan Dinas Pertanian, melaporkan hasil temuannya ke kecamatan atau pedukuhan saja tidak," katanya. Edy mengatakan bahwa saat ini tugas Dinas Pertanian Bantul hanya meluruskan dan menerangkan secara teknis kepada para petani, yang paling terkena dampak negatifnya.


Editor :
Sumber: