Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Bulan Puasa Sumbar Tak Ramah pada Wisatawan

Kompas.com - 04/09/2008, 07:44 WIB

PADANG, KAMIS - Pelaku pariwisata di Sumatera Barat meminta pemerintah tingkat kabupaten/kota untuk ikut mendukung pariwisata saat bulan puasa. Dukungan itu antara lain diwujudkan dengan tidak melarang restoran atau rumah makan untuk berjualan di siang hari.

Kepala Dinas Pariwisata, Seni, dan Kebudayaan Sumatera Barat James Hallyward, Rabu (3/9), mengatakan sebagian pemerintah kabupaten/kota di Sumbar menerapkan kebijakan yang tidak ramah terhadap wisatawan di saat bulan puasa.

”Tidak semua wisatawan yang datang ke Sumbar ini berpuasa. Wisatawan ini kesulitan mengakses sejumlah fasilitas umum seperti restoran atau tempat makan karena adanya larangan warung atau restoran untuk berjualan di siang hari selama bulan puasa,” tutur James.

Karena itu, dia berharap pemerintah daerah meninjau kembali kebijakan melarang rumah makan atau restoran untuk berjualan di siang hari.

Hal serupa dirasakan Maulana Yusran, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Barat. ”Kalau memang ada kebijakan ketat soal berbagai jenis fasilitas umum selama bulan puasa, langsung saja kita umumkan bahwa pariwisata di Sumbar tutup selama bulan puasa,” kata Maulana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com