Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Puasa Masjid Kubah Emas Ramai Dikunjungi

Kompas.com - 02/09/2008, 20:23 WIB

CINERE, SELASA - Menjelang Magrib, Masjid Kubah Emas (Masjid Dian Al Mahri) di Maruyung, Cinere, Limo, Depok semakin ramai dikunjungi orang. Animo pengunjung mulai bertambah sejak pukul 14.30 WIB. Pengunjung terlihat berjalan-jalan mengelilingi pelataran masjid sambil menikmati keindahan masjid atau hanya sekedar duduk di aula menghabiskan waktu sambil menunggu waktu buka puasa.

Seperti halnya salah seorang pengunjung, Nurul (30) yang mengaku datang ke masjid Kubah Emas untuk Ngabuburit atau menghabiskan waktu menjelang buka puasa. Nurul datang ke masjid Kubah Emas bersama temannya sekitar pukul 15.30 WIB. Dia langsung menuju aula bercat hijau yang ada samping masjid. Setelah menemukan tempat yang dirasa bersih dan nyaman, Nurul langsung menjatuhkan diri sambil rebahan di lantai aula. "Enak, disini adem. Tenang, jadi bisa mikir," celetuknya.

Selama bulan puasa, Nurul memang kerap datang ke masjid Kubah Emas. Adatnya, dia datang sepulang kerja hingga tiba waktu buka puasa bersama. Menjelang adzan shalat Ashar, tidak henti-hentinya diperdengarkan alunan ayat-ayat suci Al-Quran. Setelah terhenti beberapa saat karena shalat Ashar, alunan tersebut kembali berkumandang hingga Maghrib tiba. Kesyahduan seperti inilah yang dicari Nurul dan pengunjung lainnya. Saat adzan Maghrib berkumandang tanda buka puasa, pengunjung berbondong-bondong menuju masjid untuk menjalankan ibadah shalat Maghrib dan buka puasa bersama.

Usai shalat Maghrib, beberapa pengunjung nampak meninggalkan masjid. Namun, banyak juga yang tak beranjak untuk mengikuti shalat Terawih bersama. Sementara itu, untuk menyambut bulan Ramadhan 1429 Hijriah Masjid Kubah Emas akan dibuka untuk umum 24 jam mulai Selasa (16/9) hingga akhir bulan puasa nanti.

Sederet kegiatan juga telah disiapkan, seperti: - Buka puasa bersama setiap hari sepanjang bulan Ramadhan di selasar masjid.- Shalat Terawih berjamaah. - Pengajian untuk umum setiap hari Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, dan Minggu. - Simaan menyambut malam Nuzulul Quran, Senin (15/9) pukul 05.00-14.00 dengan bacaan Juz 1-Juz 15. Selasa (16/9) pukul 05.00-14.00 Simaan Juz 16-Juz 30. Haflah Qori Internasional pada Malam Nuzulul Quran, Selasa (16/9) pukul 21.00-02.00.

Selain itu juga ada Tausyiah bersama Dr. KH Zainuddin MZ dan Ustad H. Ahmad Al Habsyi. - Qiyaamullail dan renungan menyambut datangnya malam Llailatul Qadar dari hari Sabtu (20/9) hingga Senin (29/9) pukul 01.30-03.00. - Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1429 Hijriyah pukul 07.00-selesai dengan Imam KH. Amiruddin Said dan Khotib KH. Zainuddin MZ.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com