Jumat, 24 Oktober 2014

News / Nasional

Sukmawati Dirikan Soekarno Center

Selasa, 2 September 2008 | 12:09 WIB

JAKARTA, SELASA - Putri mantan presiden Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri, akan mendirikan Soekarno Center yang berlokasi di Desa Tampaksiring, Gianyar, Bali. Di sini, berbagai foto-foto, buku-buku, dan berbagai peninggalan Soekarno akan dipamerkan.

Pendirian center, yang akan diresmikan pada tanggal 26 Oktober 2008, bertujuan untuk lebih memperkenalkan sosok mantan presiden Indonesia yang pertama ini. "Melalui Soekarno Center, masyarakat akan lebih mengetahui figur Soekarno. Soekarno merupakan tokoh Indonesia yang telah dikenal di dunia internasional, dan turut berperan aktif dalam mendukung perjuangan kemerdekaan negara-negara lain di dunia," tutur Sukmawati usai bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN, Surin Pitsuwan, di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Selasa (2/9).

Dia mengatakan, dirinya memilih Bali karena lokasinya yang telah dikenal di dunia internasional. "Bali telah menjadi tujuan kunjungan kenegaraan tamu-tamu asing. Selain itu, Bali juga mewakili cita rasa Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Soekarno Center Arya Weda mengatakan, selain bergerak di bidang sejarah, Soekarno Center akan bergerak di bidang diplomasi dan perdamaian dunia. "Soekarno Center akan turut aktif dalam menyelesaikan konflik-konflik internasional, sekaligus memberitahukan kepada dunia bahwa ada tokoh Asia yang berpengaruh. Selama ini tokoh-tokoh Asia selalu dipandang sebelah mata," ujar Arya. 


Editor :