Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arca Majapahit Ditemukan di Kuburan

Kompas.com - 01/09/2008, 15:04 WIB

SUKOHARJO, SENIN - Sebuah arca berumur ratusan tahun, diduga peninggalan zaman Kerajaan Majapahit, Minggu (31/8) ditemukan warga Sukoharjo saat menggali kubur di pemakaman umum Turi Loyo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo.
     
"Tempat penemuan arca diduga merupakan kawasan pemandian dan pemujaan, tetapi sekarang berubah menjadi tempat pemakaman umum," kata Agus Riyanto warga yang tinggal dekat pemakaman tersebut kepada wartawan, Senin (1/9).
     
Ia mengatakan, tempat pemakaman umum Puri Loyo setelah ada berita penemuan arca mendadak ramai dikunjungi warga. Mereka datang bukan untuk nyadran atau membersihkan makam menjelang Ramadan, tetapi melihat proses pengangkatan arca.
     
"Lokasi penemuan arca berukuran lebar satu meter dan tinggi sekitar satu meter tersebut berada pada kedalaman sekitar satu setengah meter," katanya.
      
Arca itu bentuknya menyerupai umpak atau bagian bawah tiang, yang ada di candi atau bangunan joglo. Hanya saja di salah satu sisinya terdapat pahatan yang menggambarkan kera naik gajah.
      
"Kondisi arca pada bagian umpak masih utuh, sedangkan pahatan patung kera naik gajah sudah tidak utuh. Arca tersebut setelah dibersihkan akan disimpan di padepokan Wijaya Kusuma, sebagai bentuk pelestarian budaya," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com