Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Menjaring Konsumen Pikap di Mall

Kompas.com - 31/08/2008, 22:04 WIB

BEKASI, MINGGU - Daihatsu Sales Operation (DSO), Distributor Daihatsu di Indonesia menjaring konsumen khusus pikap Gran Max di Giant Mega Bekasi Hypermall di Bekasi, Jawa Barat dalam event "Ngakut Sekali, Untung Berkali-kali", Minggu (31/8). Targetnya, menjaring 300 pembeli hanya dalam satu hari.

Untuk itu, Daihatsu menyediakan 8 unit pikap Gran Max untuk dites langsung oleh konsumen yang membutuhkan angkutan barang berukuran kecil, khususnya mereka yang diundang. "Target kami pengusaha Bekasi, Karawang, Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Pemilihan Bekasi sebagai tempat penyelenggaraan event  karena daerah ini merupakan konsumen terbesar kendaraan niaga Daihatsu dibandingkan dengan wilayah lainnya," jelas Harry Sendiko, Kepala Wilayah DKI-2, Daihatsu Sales Operation.

Untuk mencapai target itu, Daihatsu mengundang 1500 calon konsumen yang sebelumnya sudah dipantau potensi belinya dari sekitar Bekasi, Jakarta Timur, Jakara Utara dan Karawang. Konsumen pun dimanjakan dengan makan siang, souvernir dan hiburan bersama keluarganya. "Kebanyakan dari mereka adalah pengusaha di sekitar di sini. Mereka buka usaha pada Hypermall ini,"lanjut Harry.

Guna mendukung penjualan, Daihatsu mengandeng 5 perusahaan leasing, yaitu Astra Credit Company (ACC), U Finance,  Adira, BCA Finance dan OTO plus (perusahaan asuransi Garda Oto). "Kami harus meyakinkan konsumen bahwa  Gran Max jauh lebih baik dibandingkan produk Daihatsu sebelumnya, yaitu Zebra. Kami terima informasi, Zebra dulu punya masalah kalau menghadapi banjir atau genangan air, sering mogok. Kebanyakan konsumen masih mengkhawatirkan hal tersebut. Kami harus meyakinkan mereka bahwa Gran Max lebih baik dan konsumen tak akan menghadapi masalah seperti Zebra," terang Rokky Irvayandi, Executive Coordinator Marcom Dept. PT Astra Daihatsu Motor, ATPM Daihatsu.

Memastikan Gran Max tidak lagi bermasalah di banjir, Daihatsu melakukan pengujian  dengan menjalankan kendaraan di genangan air. "Kini saat melalui genangan air setinggi 60 cm  pada kecepatan 10 km/jam, tidak ada masalah lagi. Sudah kami buktikan. Inilah yang ingin sampaikan kepada konsumen Daihatsu," tambah Rokky.

Sementara itu, Harry Sendiko mengatakan, Gran Max pikap adalah kendaraan komesial kecil yang sangat kompetitif dibandingkan dengan kompetitornya. Dari segi harga, sama dengan Suzuki Futura dan Mitsubishi T120SS. Namun daya muat Grand Max sama dengan Mitsubishi L300.

"Dari segi harga, Gran Max 70% dari L300.  Gran Max pikap Rp 71 juta, sedangkan L300 pikap Rp 99 juta," beber Harry Sendiko. Karena itulah, Gran Max  kini merupakan produk utama Daihatsu untuk komersial dan penjualannya mencapai 3.500 unit/bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com