Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panas Membara dari Timur Indonesia

Kompas.com - 30/08/2008, 07:20 WIB

SIAPA tak kenal menu ayam rica atau ikan bakar tude dengan dabu-dabu (sambal ala Manado, Sulawesi Utara). Hmm sedap dan nikmat tapi eit.. hati-hati masakan nan lezat itu bisa membuat lidah kita panas membara karena pedasnya lho.

Akan tetapi, biar kepedasan hingga lidah dan sekujur tubuh panas membara, tak rugi menyantap aneka masakan dari wilayah di timur Indonesia itu. Tak percaya? Cobalah pergi ke rumah makan Manado, misalnya di Beautika atau warung kaki lima Baku Dapa (Paula).

Bagi mereka yang tinggal lama di Jakarta, tentu tak asing dengan Rumah Makan Tinoor juga Restoran dan Catering Klabat.

Semua rumah makan tadi menyediakan aneka menu masakan khas Manado yang pedas. Inilah hebatnya masakan Manado. Meski serba pedas, jangan khawatir. Komposisi bumbu-bumbu yang lain pada masakan tetap mampu hadir dengan percaya diri tanpa over acting. Bahkan, rasa asin dari garam pada semua jenis masakan benar-benar terasa elegan, tidak norak alias berlebihan. Sungguh pas.

Tidak hanya itu. Soal mau rasa pedas, setengah pedas atau tidak, bisa diatur. Juru masak bisa diminta untuk memasak ikan atau ayam yang tidak berbumbu pedas atau sesuai selera Anda.

Sudah menjadi rahasia umum, sebagian wilayah Sulawesi Utara yang berada di dekat laut membuat ikan menjadi menu makanan utama. Namun jangan khawatir, umumnya mereka juga memasak ayam, bahkan kelelawar dalam beragam resep. Biasanya pula, rumah makan Manado menyediakan sayur cah (dimasak tumis) dan yang dicampur sayur lain atau ikan.

Tidak ketinggalan menu penutup yakni kue-kue tadisional, es kacang merah (Brenebon) dan es kelapa muda, serta klapertart (tar kelapa).

Woku dan kuah asam

Makanan pembuka pertama yang paling tepat dicicipi adalah sup ikan kakap atau marlin yang banyak daging.

Perasan jeruk dari buah lemon cui atau lemon khas Manado membuat rasa sup ikan atau sering disebut kuah asang ini sungguh menyegarkan. Selain menyegarkan, perasan jeruk ini yang dipadukan dengan daun jeruk purut, daun kunyit dan kemangi membuat ikan kakap tidak terasa dan tercium bau amis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com