Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden: Indonesia Sudah Lepas dari Krisis

Kompas.com - 22/08/2008, 12:20 WIB

JAKARTA, JUMAT - Angka pendapatan per kapita Indonesia meningkat 64 persen dalam tiga tahun yakni 2004 mencapai 1.186 dollar AS lalu naik pada 2007 mencapai 1.946 dollar AS.

Selain itu Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2007 mencapai Rp 3957 triliun menjadi 20 negara dengan PDB terbesar di dunia. Dengan dua pencapaian itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan, Indonesia telah lepas dari krisis, tetapi masih banyak tantangan yang dihadapi.

Hal itu disampaikan Presiden SBY dalam pidato Kebijakan Pembangunan Daerah di depan Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Daerah di Gedung Nusantara DPR MPR RI, Jakarta, Jumat (22/8).

Angka pendapatan per kapita yang meningkat tersebut, menurut Presiden, adalah capaian pendapatan per kapita yang lebih tinggi dari masa sebelum krisis ekonomi 1998.SBY juga mengatakan pertumbuhan ekonomi daerah pada triwulan II 2008 ada 12 propinsi yang berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional.

"Beberapa propinsi dengan pertumbuhan ekonomi sangat tinggi 8,5 persen yakni Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Tengah. Prestasi ini layak kita berikan apresiasi dan semoga dapat dipertahankan," kata SBY yang mengenakan batik biru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com