Selasa, 16 September 2014

News / Nasional

Presiden Sampaikan Pidato Kenegaraan dan Nota Keuangan

Jumat, 15 Agustus 2008 | 06:51 WIB

Laporan wartawan Kompas.com Inggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, JUMAT — Sudah menjadi ritual tahunan, menjelang peringatan hari kemerdekaan, Presiden harus menyampaikan pidato kenegaraan dan menyampaikan Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) di hadapan anggota Dewan. Hari ini (Jumat, 15/8) pukul 10.00 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan membacakan pidato kenegaraan dan menyampaikan nota keuangan RAPBN 2009 di hadapan rapat paripurna DPR.

Juru Bicara Kepresidenan Andi Mallarangeng mengatakan, dalam pidato yang siap dibacakan, Presiden akan menyampaikan berbagai persoalan di Tanah Air, solusi, dan kebijakan yang diambil pemerintah. "Pidato Kenegaraan kan sekali dalam setahun. Ya isinya tentang berbagai persoalan, solusi, kebijakan pemerintah. Sebagian tentang nota keuangan juga kemajuan-kemajuan bangsa," kata Andi di Jakarta, Kamis (14/8) malam.

Namun, Andi enggan merinci apa yang menjadi fokus pidato kenegaraan pada tahun ini. "Ikuti saja besok. Nanti enggak ada surprise-nya," ujar Andi. Saat ditanya apakah ada pernyataan jaminan dari pemerintah terkait putusan MK yang mewajibkan alokasi anggaran pendidikan 20 persen di APBN 2009, Andi tak menjawab jelas. "Tekad SBY untuk APBN 2009 memenuhi alokasi anggaran pendidikan 20 persen. Jadi ya, pada APBN 2009 nanti bisa terpenuhi. Dengar saja besoklah (hari ini)," ujar Andi.

Menurut jadwal yang dikeluarkan Biro Pemberitaan DPR, Presiden dijadwalkan tiba di Gedung DPR pukul 08.55, dan rangkaian acara akan dimulai tepat pukul 09.00. (ING)


Editor :