Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Ratus Ibu Serentak Menyusui

Kompas.com - 02/08/2008, 11:13 WIB

JAKARTA, SABTU - Sebanyak 200 ibu serentak menyusui bayi mereka yang masih dalam masa menyusui eksklusif 6 bulan di Gelanggang Remaja Bulungan, Jakarta Selatan, Sabtu (2/8).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka puncak acara Pekan ASI sedunia pada 1 hingga 7 Agustus 2008. Para ibu peserta acara menyusui serentak ini diharuskan menggunakan apron (celemek) dan harus menjauhkan dot serta botol susu bayinya.Wakil Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Nia Umar mengatakan, kegiatan menyusui serentak ini untuk memberikan dukungan kepada para ibu yang sama-sama menyusui.

"Efeknya besar loh karena ibu-ibu pasti akan lebih bangga dengan perjuangannya menyusui anaknya. Ini juga untuk memberikan support bagi para ibu," kata Nia.

Menyusui serentak secara resmi dilakukan selama 1 menit, tapi dapat dilanjutkan kembali, tergantung kebutuhan bayi. Kegiatan ini juga diselenggarakan serentak di beberapa kota, di antaranya Bandung, Surabaya, dan Semarang. Salah satu peserta, Yulita, mengaku senang dengan acara ini. Ibu muda yang baru melahirkan putri pertamanya satu bulan lalu seakan mendapatkan semangat baru.

"Saya tadinya merasa kok perjuangan menyusui anak ternyata sangat berat. Tapi dengan bertemu dengan sesama ibu menyusui, saya banyak dapat masukan bagaimana bisa membuat ini menjadi mudah dan menyenangkan," kata Yulita.

Pekan ASI sedunia tahun ini mengangka tema "Mother Support: Going for The Gold". Tema ini diangkat oleh Dewan World Breastfeeding Week karena Pekan ASI Sedunia tahun ini bersamaan dengan pelaksanaan Olimpiade. (ING)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com