Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Tangerang Tewas Diduga Flu Burung

Kompas.com - 02/08/2008, 01:01 WIB

TANGERANG, SABTU - Seorang warga Kampung Jambu Tegal, RT 06/02, Desa Jambu Raya, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Banten berinisial Jk (20) tewas diduga tertular virus flu burung jenis H5N1, pada Kamis (31/7) malam sekitar pukul 22.30 WIB.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, Hani Heryanto, Jumat (1/8), mengatakan, korban mengalami gejala tertular flu burung sebelum meninggal dunia. "Namun kepastian penyebab kematian korban akan diketahui melalui hasil pemeriksaan darah di Balai Penelitian Kesehatan Departemen Kesehatan," kata Hani Heryanto.

Contoh darah Jk sudah dikirim ke Departemen Kesehatan untuk diperiksa. Awalnya, Jk mengalami gejala tertular virus flu burung seperti sesak nafas dan demam tinggi lebih dari 40 derajat Celcius sehingga menjalani perawatan di ruang isolasi flu burung Rumah Sakit Umum Daerah Tangerang pada Selasa (29/7).

Setelah dirawat dua hari di ruang perawatan khusus, Jk akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis malam. Berdasarkan riwayat hidup penderita, korban pernah melakukan kontak dengan unggas pada dua minggu lalu di kediamannya dan rumah ibunya di Panongan, Kabupaten Tangerang.

Heryanto juga mengungkapkan, ada unggas yang mati mendadak di rumah korban pada 1,5 bulan lalu, namun kejadian tersebut diragukan menjadi penyebab penularan virus flu burung terhadap kematian Jk.

"Petugas dinkes mengambil sampel darah, air liur dan kotoran unggas pada dua lokasi rumah korban untuk memastikan penularannya," kata Heryanto. (ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com