Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambil Pemilu, Dua Bupati Dilantik

Kompas.com - 23/07/2008, 18:24 WIB

 

MADIUN, RABU - Gubernur Jawa Timur Imam Utomo melantik Bupati/Wakil Bupati Madiun terpilih Muhtarom-Iswanto dan Bupati/Wakil Bupati Magetan terpilih Sumantri-Samsi pada saat masyarakat Jawa Timur disibukkan dengan pelaksanaan pemungutan suara Pemilu Gubernur Jatim, Rabu (23/7).

Imam melantik Bupati/Wakil Bupati Madiun hasil pemilihan bupati/wakil bupati Madiun 18 Juni lalu Muhtarom-Iswanto di Pendopo Kabupaten Madiun sekitar pukul 13.00. Muhtarom yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Bupati Madiun menggantikan Bupati Madiun Djunaedi Mahendra.

Setelah itu, Imam beserta rombongan berangkat ke Pendopo Kabupate n Magetan dan melantik Bupati/Wakil Bupati Magetan hasil pemilihan kepala daerah 11 Juni Sumantri-Samsi. Sumantri menggantikan pelaksana tugas Bupati Magetan Miratul Mukminim.

Usai acara, Imam mengatakan acara yang diadakan bersamaan dengan pelaksanaan pemungutan suara Pilgub Jatim ini tidak akan mengganggu pelaksanaan Pilgub Jatim. Pasalnya diadakan pada pukul 13.00 atau setelah pemung utan suara di tempat-tempat pemungutan suara selesai.

"Acara pelantikan ini tidak mungkin diundur karena sudah batas waktunya hari ini (kemarin -Red) bupati dan wakil bupati terpilih dilantik," kata Imam.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Madiun Suki man menjelaskan, sebelumnya acara pelantikan ini direncanakan tanggal 24 Juli atau sehari setelah pelaksanaan pemungutan suara Pilgub Jatim, sehingga adanya acara pelantikan tidak membuyarkan konsentrasi pemerintah pada pelaksanaan pemungutan suara.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga usul seperti itu kepada Menteri Dalam Negeri tetapi menteri tetap meminta agar dilakukan tanggal 23 Juli karena kalau dilakukan tanggal 24 Juli berarti jabatan kepala daerah sebelumnya diperpanjang satu hari, ungkapnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com