Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumatera Barat Bangun Masjid Raya

Kompas.com - 04/07/2008, 03:00 WIB

Padang, Kompas - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat membangun masjid raya senilai lebih dari Rp 500 miliar. Pembangunan sudah dimulai Januari 2008, tetapi penyelesaian keseluruhan bangunan belum bisa diketahui waktunya.

Pembangunan tahap pertama meliputi pekerjaan persiapan, pengurukan tanah, dan pemasangan struktur bangunan. Untuk mengerjakan tiga hal tersebut dibutuhkan waktu sampai Oktober 2009 dengan nilai proyek Rp 100 miliar.

Kompleks masjid seluas 7,5 hektar tersebut nantinya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti madrasah tsanawiyah, madrasah ibtidaiyah, daycare centre, pusat konseling, taman bermain anak, dan sanggar seni. Ada pula taman kota yang bisa digunakan masyarakat segala usia.

Gubernur Sumatera Barat Gamawan Fauzi, Kamis (3/7), mengatakan, masalah utama pembangunan masjid tersebut adalah pendanaan. Saat ini, dana yang tersedia baru dari APBD Provinsi Sumbar senilai Rp 100 miliar. Dana tersebut untuk membiayai pembangunan tahap pertama.

”Kami berusaha menggalang dana dari berbagai kalangan, termasuk perantau di berbagai daerah dan luar negeri,” kata Gamawan seusai menjumpai perantau Minang di Arab Saudi.

Dia juga mengharapkan pemerintahan selanjutnya juga akan melanjutkan pembangunan masjid ini. Pemerintahan Gamawan Fauzi-Marlis Rahman berakhir tahun 2010. (ART)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com