Kamis, 18 Desember 2014

News / Megapolitan

Bocah Tewas Digigit Anjing

Kamis, 26 Juni 2008 | 11:06 WIB

JAKARTA, KAMIS - Tragis! Bocah berusia 1,5 tahun, Amelia Handayani (1,5), tewas digigit seekor anjing jenis Rottweiler, Rabu (25/6) siang. Amelia digigit pada leher dan sempat ditarik hewan peliharaan itu saat dibawa ibunya, Susan (30), bekerja di rumah majikannya.

Peristiwa memilukan itu bermula ketika Rabu pagi Amelia dibawa Susan bekerja di rumah majikannya, Ny Patricia, di Jalan Meiati Raya, RT 09/10 Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat. Susan terpaksa membawa Amelia ketika bekerja, karena tak ada yang menjaga putrinya itu di rumah.

Sampai pukul 14.00 tidak ada kejadian apa pun. Susan dapat menyelesaikan pekerjaanya dengan baik dan Amelia dengan riang bermain seorang diri di rumah majikan sang ibu. Bahkan, Susan sempat memberi makan anjing kesayangan keluarga Patricia yang diberi nama Spike itu.

Sekitar pukul 14.30, malapetaka itu pun terjadi. Awalnya, Susan hendak mengangkat jemuran di dak atas rumah majikannya. Di dak itu pula Spike yang sudah tujuh tahun dipelihara keluarga Patricia ditempatkan.

Sebelum mengangkat jemuran, Susan menggendong Amelia dan membawanya naik tangga menuju dak jemuran. Ketika tinggal dua anak tangga lagi menuju ke dak, Susan melepaskan anaknya dari gendongan,. Dia meletakkan Amelia di anak tangga. "Setelah itu, saya mengambll jemuran dan tidak memperhatikan Amelia," kata Susan.

Rupanya keberadaan Amelia di anak tangga menarik perhatian Spike, dan anjing itu pun menghampirinya. "Saya tidak tahu kalau Spike mendatangi Amelia dan kemudian menggigitnya. Kalau Amelia tidak menjerit mungkin saya tidak tahu dia digigit Spike," kata Susan yang ditemui di RS Cengkareng.

Melihat anaknya digigit anjing, Susan menjerit jerit histeris. Dia memanggil Kenya (18), anak tertua Patricia, yang berada di kamar. Kenya berlari menuju Spike yang sedang membawa Amelia ke dak. Kenya dan Susan kemudian berusaha melepaskan gigitan Spike. Namun, Spike tak mau begitu saja melepaskannya. "Saya tidak mengerti ada apa dengan anjing itu. Biasanya dia jinak sama saya. Kemarin dia seperti sedang kesurupan," kata Susan.

Setelah terlepas dari gigitan Spike, Amelia dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Cengkareng dengan sepeda motor. Rumah Patricia berjarak sekitar 5 kilometer dari RS Cengkareng. Saat dibawa ke rumah sakit, Amelia diketahui hanya terluka. "Jantungnya masih berdetak," ujar Susan.

Namun, tim dokter RS Cengkareng tak bisa berbuat banyak untuk menolong Amelia. Meski telah diberi perawatan maksimal, Amelia akhirnya meninggal. Diduga bocah mungil itu kehabisan darah. Susan langsung histeris.

Patricia yang siang itu sedang tak di rumah segera menyusul ke RS Cengkareng setelah diberi tahu ada kejadian itu. Sampai di sana, ia pun tampak tak percaya jika anjingnya menggigit Amelia hingga anak itu meninggal. "Dengan anggota keluarga, juga dengan Susan, anjing itu sangat jinak. Kakinya juga pincang satu. Dia ditempatkan di atas rumah (dak) agar tak bisa turun," kata Patricia.

Setelah kejadian, Patricia berencana menyuntik mati anjing kesayangan keluarganya itu. "Daripada nanti menggigit orang lagi, lebih baik dimatiin aja. Apalagi saya juga punya anak kecil," katanya.

Susan telah bekerja sembiIan bulan di rumah Patricia. la tinggal tidak jauh dari kediaman majikannya. Biasanya, ketika Susan bekerja, Amelia dititipkan ke ibu mertuanya. Susan memiliki dua anak, Sarpan Pratama (6) dan Amelia. Sarpan diasuh neneknya di Tegal, Jawa Tengah. Suami Susan bekerja sebagai mekanik di perusahaan bus wisata.

Meremehkan

Sementara itu, mantan pengurus Klub Rottweiler Indonesia, Suheri, saat dihubungi Warta Kota semalam menyatakan sangat prihatin atas kejadian tersebut. Dia mengingatkan agar tidak meremehkan anjing yang aslinya dari Jerman yang bisa karya guna maupun dipelihara itu.

"Karya guna artinya anjing bisa digunakan untuk pelacakan, rescue, menghalau massa seperti yang dimiliki polda-polda atau mencari narkoba," ujarnya.

Anjing termasuk binatang yang sangat protektif terhadap wilayahnya. Ada yang sifatnya sangat over, santai, dan sedang. Rottweiler akan merekam image jelek bila pernah disakiti.

Menurut Suheri, anak kecil digigit anjing ada beberapa sebab. "Mungkin ada bau yang aneh bagi anjing, misalkan bau susu, bau daging, atau ada anjing dan anak itu berebut mainan. Jadi harus dilihat juga latar belakang anjing itu," ujarnya.

Anjing jantan jenis ini tinggi maksimalnya 68 cm dan panjang maksimalnya 75 cm. (Warta Kota/tos/pro)


Editor :
Sumber: