Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7.900 Kartu BLT Akan Dialihkan

Kompas.com - 15/06/2008, 19:20 WIB

 

 

BANDAR LAMPUNG, MINGGU - PT Pos Indonesia Bandar Lampung memastikan dari 59.183 kartu bantuan langsung tunai untuk warga miskin Bandar Lampung terdapat 7.900 kartu yang dibatalkan dan dialihkan penerimaannya. PT Pos Indonesia tengah memproses pengalihan kartu tersebut kepada yang berhak.

Kepala PT Pos Indonesia Bandar Lampung Difi Ahmad Sabar F yang dihubungi di Bandar Lampung, Minggu (15/6) mengatakan, dari evaluasi awal yang dilakukan PT Pos Indonesia, dari 59.000 kartu BLT terdapat 1.700 kartu yang dinilai tidak layak untuk dibagikan. Karena, penerima kartu itu tidak layak sudah berubah dari miskin menjadi tidak miskin, meninggal dunia, atau pindah domisili.

Pada hari terakhir pendistribusian BLT, Sabtu (14/6), jumlah kartu yang tidak layak bertambah. "Hingga Sabtu kami menemukan terdapat sekitar 7.900 kartu yang dibatalkan dan dialihkan. Jumlah itu kami perkirakan masih berkembang," ujar Difi.

Dengan ketiga alasan tersebut, PT Pos Indonesia tengah mengupayakan pengalihan penerima. Bagi penerima yang sudah meninggal dunia, kartu akan dialihkan kepada ahli waris, sedangkan bagi penerima yang berubah status atau pindah alamat PT Pos akan mengevaluasi dan mencari penerima BLT yang layak.

PT Pos memperkirakan pertengahan minggu ketiga Juni 2008 sudah bisa melaporkan data kartu tidak layak dan dialihkan kepada PT Pos Indonesia pusat. Selanjutnya PT Pos akan bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk pendataan dan verifikasi. "Setelah itu PT Pos baru bisa mencetak kartu BLT baru," ujar Difi.

Selama lima hari pendistribusian BLT, sebanyak 50.000 warga miskin Bandar Lampung sudah mendapatkan BLT. Pada pencairan dana BLT hari terakhir, warga terlihat tertib dan antre.

Tidak terlihat penumpukan warga yang hendak mencairkan dana BLT. Lancarnya pencairan terjadi karena warga sudah menaati jadwal pengambilan dana BLT yang disusun PT Pos.

Sementara itu, untuk 10 kabupaten/kota lainnya di Lampung, pencairan BLT akan dilakukan setelah tanggal 18 Juni 2008. "Saat ini beberapa kantor pos yang membawahi kabupaten/kota di Lampung tengah melakukan sosialisasi," ujar Difi.    

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com