Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBSI Daftarkan Semua Pemain ke Olimpiade

Kompas.com - 31/05/2008, 07:06 WIB

JAKARTA, SABTU - PB PBSI mendaftarkan 11 pemain untuk mewakili Indonesia di Olimpiade Beijing 2008. Jumlah tersebut sama dengan jumlah pemain yang lolos kualifikasi sesuai peraturan Federasi Bulu Tangkis Dunia atau BWF.

Berdasarkan peraturan, Sabtu (31/5) adalah batas terakhir penyerahan nama-nama pemain dari asosiasi bulu tangkis atau komite olahraga nasional setiap negara kepada BWF. ”Kami sudah mendaftarkan semuanya, sebanyak 11 pemain. Mereka, bahkan, sudah kami daftarkan sejak Kamis,” kata Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB PBSI Lius Pongoh, Jumat (30/5) kemarin.

Lius juga mengatakan, pihaknya sudah berdiskusi dengan KONI terkait kepastian ke-11 atlet bulu tangkis yang akan bermain di Olimpiade. Ke-11 pemain yang lolos kualifikasi berdasarkan peringkat dunia pada 1 Mei adalah Sony Dwi Kuncoro, Taufik Hidayat (tunggal putra), Maria Kristin (tunggal putri), Markis Kido/Hendra Setiawan, Luluk Hadiyanto/Alvent Yulianto (ganda putra), Vita Marissa/Liliyana Natsir (ganda putri), Nova Widianto/Liliyana, dan Flandy Limpele/Vita (ganda campuran).

Seperti pada empat olimpiade sebelumnya, bulu tangkis menjadi cabang yang paling diharapkan bisa menyumbang medali emas bagi Indonesia. Berdasarkan hal ini pula, beberapa pemain yang semula didaftarkan untuk bertanding di Singapura Super Series, 10-15 Juni, batal bertanding. Lius mengatakan, pemain yang batal ke Singapura adalah Taufik dan Kido/Hendra.

Sebelumnya, Sony dan Maria juga dipastikan batal berangkat ke Singapura. Namun, berbeda dengan Taufik dan Kido/Hendra, Sony dan Maria membatalkan keberangkatan sebelum dilakukan undian pada 27 Mei lalu.

Dengan demikian, pemain-pemain yang lolos ke Olimpiade Beijing 2008 dan akan bertanding di Singapura adalah Luluk/Alvent, Vita/Liliyana, Nova/Liliyana, dan Flandy/Vita.

Tan Fook/Wan Wah lolos
Dari Malaysia, harian The Star memberitakan, Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) memutuskan untuk mendaftarkan ganda putra Choong dan Fook/Lee Wan Wah untuk menyertai Koo Kien Keat/Tan Boon Heong di Olimpiade. Presiden BAM Datuk Mohd Nadzmi Salleh mengumumkan hal itu hari Kamis lalu.

Berdasarkan peringkat dunia 1 Mei, Malaysia memiliki tiga ganda putra di urutan ke-1 hingga ke-16. Selain Kien Keat/Boon Heong dan Tan Fook/Wan Wah, ada pula pasangan muda M Zakry/M Fairuzizuan.

Namun, karena peraturan hanya membolehkan dua ganda yang tampil, BAM memilih Tan Fook/Wan Wah yang berperingkat lebih baik dibandingkan dengan Zakry/Fairuzizuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com