Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Tempat Wisata Nusantara Dipamerkan di Balai Kartini

Kompas.com - 29/05/2008, 07:03 WIB

JAKARTA, KAMIS - Kemana Anda akhir pekan ini? Kalau belum punya acara ada baiknya meluangkan waktu untuk melongok pameran Gebyar Wisata Nusantara (GWN) 2008 di Gedung Balai Kartini Expo Center Jakarta, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Gratis! Acara berlangsung mulai pukul 10.00 - 20.00 WIB.

Catat tanggalnya. Acara ini akan berlangsung selama empat hari, mulai hari ini, Kamis (29/5) sampai Minggu (1/6). Lebih dari 200 obyek wisata unggulan daerah mulai dari wisata alam, wisata bahari, wisata religi, wisata agro, paket-wisata dosmestik, produk cendera mata, ditampilkan. Lumayan kan, Anda bisa mengenal tempat-tempat baru yang mungkin belum Anda kunjungi dan memasukkannya dalam daftar liburan berikutnya.

Acara yang menurut rencana akan dibuka oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik ini merupakan salah satu kegiatan dalam menyukseskan Visit Indonesia Year (VIY)  2008 yang menargetkan 7 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dengan perolehan devisa sebesar US$ 6,7 miliar dan 118 juta perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) dengan pengeluaran Rp 90 triliun.  

"Di pameran ini pengunjung akan menemukan tempat berlibur yang lain dari biasanya dan hanya ada di Indonesia," kata Syukur Saka, Ketua Penyelenggara Pameran dari PT Wahyu Promo Citra bekerjasama dengan Depbudpar di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan ini sejumlah Pemda  berkesempatan mempromosikan wisata ungulan daerahnya, seperti: petualangan menantang di Pulau Guraiji, Maluku Utara,  surga nyata bawah laut di Pusat Segitiga Karang Dunia di Wakatobi, Sultra,  panorama wisata bawah air dan pantai bebatuan yang menakjubkan di Kepulauan Bangka Belitung,  pesona wisata Kalimantan Timur, perjalanan wisata tak terlupakan ke Serambi Mekah NAD, penjelajahan menggetarkan hati di Gunung Palung dan Danau Sentarum (Kalbar), dan peluang investasi pariwisata Daerah Maluku. 

Festival Seni dan Budaya Nusantara

Untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, bersamaan dengan pameran  digelar pula festival seni dan budaya nusantara yang berlangsung setiap hari di panggung acara berupa  tari daerah dan peragaan busana pengantin daerah.  Tarian yang ditampilkan antara lain; tari wadian (Barito Selatan), tari Gading Alit (Jatim), Ratoh Duek, Rapai Geleng (Aceh Besar), Jagalili, Tayub (DI Yogyakarta), Molidadu (Bone Bolango), Tapag (Sumenep), dan Pesisiran (Jateng).

Ada pula peragaan busana pengantin daerah antara lain Jawa Timur, Sibolga, Malang, Aceh Besar, Kutai Kartanegara, Padang, Papua Barat, Jawa Tengah, Sumenep, Wakatobi dan Simeule.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com