Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rob Datang Lagi Besok di Kawasan Pluit

Kompas.com - 08/05/2008, 03:49 WIB

JAKARTA, KAMIS - Gelombang pasang yang kembali menerjang kawasan pantai Penjaringan, Jakarta Utara, menyebabkan jebolnya tanggul sementara di Muarabaru dan Pantai Mutiara, Selasa (6/5) tengah malam. Gelombang pasang bakal datang lagi besok, Jumat, 9 Mei.

Kasubdis Penerapan Lingkungan Jawatan Hidrologi Oseanografi (Janhidros) TNI AL Kol Dede Yuliadi mengatakan gelombang air pasang (rob) yang melanda kawasan Muarabaru, Pluit, dan Pantai Mutiara tersebut menimbulkan genangan setinggi 1,2 meter.

Menurut Dede, ketinggian itu tergolong wajar pada fenomena gelombang pasang. ”Persoalannya hanya pada kondisi tanggul,” katanya, Rabu. Jika tanggul di kawasan itu kokoh, maka gelombang pasang tidak akan mencapai kawasan perumahan.

Secara terpisah, Gubernur DKI Fauzi Bowo mengatakan bahwa gelombang pasang atau rob diperkirakan terjadi lagi pada tanggal 9 Mei 2008. Di sisi lain, Fauzi mengakui Pemprov DKI Jakarta belum mampu mengatasi rob tersebut jika tanggul untuk melindungi kawasan Muarabaru dan Pluit belum terwujud. Menurut Fauzi, proyek tanggul itu masih dalam tahap mendesain tanggul.

Pantauan Warta Kota di kawasan Muarabaru, genangan terparah terjadi di RW 19 dan 20 yang merupakan wilayah paling dekat dengan Gedung Pompa Waduk Pluit, Muarabaru. Di kedua RW tersebut, ketinggian genangan mencapai sekitar satu meter. Sementara itu, ketinggian air di RW 04, 05, dan 16 Kelurahan Pluit mencapai sekitar 70 cm.

Rumah-rumah besar di kawasan Pluit juga banyak yang terendam rob. Sebagian penghuni rumah-rumah mewah itu mengungsikan perabot rumah tangganya ke rumah kerabat maupun ke halaman kantor kelurahan.

Namun ada juga warga yang tak sempat memindahkan barang-barang maupun kendaraannya. Hingga kemarin siang, kawasan Pluit, Muarabaru, dan Pantai Mutiara masih tergenang rob. Kondisi tersebut juga menyebabkan kemacetan di sejumlah ruas jalan antara lain Jalan Pluit Utara Raya, Jalan Pluit Permai, maupun Jalan Pluit Karang Utara, macet total sejak pagi hingga sore. (Warta Kota/gus)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com