Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vitamin E, Pilih Mana?

Kompas.com - 03/05/2008, 22:09 WIB

VITAMIN  E dipuji dan dikenal sebagai antioksidan yang hebat selama bertahun-tahun. Meski begitu, riset baru perlu Anda perhatikan bila ingin menggunakan vitamin untuk mencegah kanker. Ada beragam jenis vitamin E. Satu sama lain berbeda cara kerjanya.

Bila terkait dengan kanker saluran kencing, Anda perlu selektif memilih tipe vitamin E. Sebuah tim peneliti dari Pusat Kanker MD. Anderson di Universitas Texas menyebarkan kuesionr kepada sekitar 468 pasien yang baru saja divonis menderita kanker saluran kencing dan 534 orang yang bebas kanker. Dari survei ini diketahui, asupan tinggi alpha-tocopherol, salah satu tipe vitamin E ternyata dapat mengurangi risiko berkembangnya kanker saluran kencing sebanyak 42 persen. Gamma-tocopherol, di sisi lain yang menunjukkan efeknya dalam penurunan risiko kanker prostat, ternyata tidak punya efek untuk saluran kencing.

Makanan yang kaya alpha-tocopherol antara lain kacang almond, cabai merah dan hijau, bayam, dan minyak sayur. Karena agak sulit mendapatkan dosis 400 IU seperti yang direkomendasikan untuk pencegahan kanker hanya dari makanan, suplemen merupakan pilihan yang layak diambil. Alpha- tocopherol merupakan tipe vitamin E yang kerap ditemukan pada berbagai produk suplemen. Meski begitu, periksa dulu label pada kemasan suplemen vitamin E yang hendak Anda beli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com