Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukses, Cangkok Enam Ginjal Simultan

Kompas.com - 09/04/2008, 11:53 WIB

BALTIMORE, RABU -  Tim dokter dari Rumah Sakit John Hopkins di Baltimore Amerika Serikat belum lama ini berhasil melakukan proses transplantasi atau operasi cangkok enam ginjal sekaligus atau secara simultan. Menurut  klaim juru bicara rumah sakit tersebut, operasi seperti ini merupakan kali pertama dan dilakukan secara sukses.

Proses operasi cangkok simultan ini dilakukan pada hari Sabtu kemarin setelah seorang donor altruistik yang menyatakan siap mendonor, ternyata ginjalnya cocok dengan salah satu enam kandidat penerima transpantasi.   Sementara itu, lima kandidat lain juga telah memiliki masing-masing calon donor yang sayangnya ginjal mereka tidak cocok dengan kerabat atau relasinya.  Tetapi untungya setelah diperiksa, secara kombinasi ginjal mereka ternyata cocok dengan lima pasien tersebut.

Untuk melakukan operasi simultan ini,  rumah sakit menyediakan 10 kamar operasi dengan mengerahkan sekitar sembilan tim.  Dalam waktu hampir 10 jam, operasi  cangkok  ini akhirnya berjalan dengan sukses.

¨Ke-12 pasien ini melewatinya dengan lancar, enam ginjal mereka bekerja dengan  baik,¨ ungkap Dr. Robert Montgomery, tim operasi pencangkokan yang juga direktur pusat transplantasi RS John Hopkins.

Kesuksesan operasi cangkok simultan enam ginjal ini mengikuti lima operasi cangkok pada 2006 di rumah sakit yang sama, serta beberapa jenis operasi pencangkokan lainya.  Pekan lalu, Northwestern Memorial Hospital di Chicago juga melakukan operasi cangkok simltan untuk empat ginjal sekaligus.

Sebagian besar transplantasi ginjal biasanya menggunakan organ yang diambil dari donor yang telah meninggal.  Namun para dokter kini lebih suka menggunakan organ dari donor yang masih hidup karena tingkat kesuksesannya relatif lebih tinggi.
     
Pendonor dan penerima organ dalam transplantasi enam tahap ini dicocokkan menggunakan sebuah sistem donor hidup yang dikembangkan di RS John Hopkins. Montgomery mengatakan, para dokter operasi melakukannya secara simultan untuk memastikan tidak satu pun yang harus mengulang  dari awal setelah orang yang mereka cintai menerima cangkok ginjal.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com