Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Waspadai Masa Tenang

Kompas.com - 08/04/2008, 09:24 WIB

 BANDUNG, SELASA - Polda Jabar akan meningkatkan kewaspadaannya memasuki masa tenang dalam proses Pilgub Jabar. Satgas-satgas yang ada akan disiagakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan.

Hal tersebut diutarakan Kapolda Jabar, Irjen Pol Susno Duadji melalui Kabid Humas, Kombes Pol Dade Achmad, Senin (7/4). Bahkan, saat masa tenang, pihak Polda Jabar memasang status siaga. Selain satgas-satgas di masing-masing bidang, personel kepolisian hingga tingkat polsek juga harus siaga.

Menurut Dede Achmad, sikap ini diambil karena dikhawatirkan ada pihak-pihak yang bermain ketika masa kampanye telah selesai menjelang pencoblosan.

"Dikhawatirkan ada pihak yang memanfaatkan situasi ini. Karena itu kita waspada dan tetap menurunkan dua per tiga kekuatan. Yang satu per tiga stand by," jelasnya.

Ia menambahkan, hal-hal yang dikhawatirkan terjadi adalah black campaign, kampanye terselubung, dan juga money politic. Jika hal tersebut terjadi dan menimbulkan kekecewaan di masyarakat, maka hal yang tidak diharapkan bisa saja terjadi.

"Karena itu kita ambil langkah-langkah untuk mencegah hal tersebut. Yang diturunkan untuk pengawasan masa tenang ada pengamanan terbuka dan juga tertutup," ujarnya.

Kemudian, pihak Polda Jabar juga mengharapkan peran serta masyarakat dalam melakukan pengawasan. Jika masyarakat melihat pelanggaran dalam proses Pilgub atau tindak pidana, maka langsung melaporkan ke petugas kepolisian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com