Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penguasaan Bahasa Harus Menjadi Prioritas Utama

Kompas.com - 31/03/2008, 06:12 WIB

BANDUNG, MINGGU -- Kepala Pusat Bahasa Nasional Dendy Sugono menyatakan pentingnya penguasaan bahasa Indonesia secara lisan maupun tulisan, dan mampu menempatkan bahasa seseuai keadaan, sehingga  penguasaan dan pengembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan harus dijadikan prioritas utama.

Dendy mengingatkan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa yang mempunyai kekuatan untuk mempersatukan bangsa. "Tanpa kekuatan bahasa yang satu, tidak akan terjadi persatuan di antara pejuang-pejuang di seluruh Indonesia," katanya ketika menghadiri acara Gerak Jalan Sehat dalam rangka memperingati Tahun Bahasa di Lapangan Tegallega, Bandung, Minggu.  

Dikatakan oleh Dendy , menjunjung bahasa persatuan dalam teks Sumpah Pemuda itu tidak berarti mengesampingkan atau bahkan meniadakan penggunaan bahasa-bahasa daerah ataupun bahasa asing. 

Ia mengatakan, anak-anak Indonesia harus tetap menguasai bahasa ibu sebagai bahasa daerah.  Bahasa asing bagi mereka yang berkepentingan mengakses dunia internasional, katanya, sangat penting. Namun yang paling penting adalah menguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 Ia juga menyebutkan bahwa bahasa itu ibarat pakaian. "Bila kita akan pergi ke acara pesta dengan kita pergi untuk berolah raga, tentu harus kita bedakan. Tidak mungkin kita pergi ke pesta lantas menggunakan pakaian renang," kata Dendy.

Menyinggung Tahun Bahasa, ia mengatakan Tahun Bahasa dicanangkan Pusat Bahasa Nasional pada 2008 karena di dalamnya terdapat tiga peristiwa besar bangsa, yakni peringatan 1 Abad Kebangkitan Nasional, 80 Tahun Sumpah Pemuda, dan 60 Tahun Pusat Bahasa.

 Menurut dia, dalam rangkaian kegiatan menyambut Tahun Bahasa, Pusat Bahasa akan mengadakan seminar bahasa dan sastra pada sidang Majelis Sastra Asia Tenggara (Mastra) dan sidang Majelis Bahasa Brunai Darussalam, Indonesia, dan Malaysia (Mabim) di Jakarta pada  7 - 8 April mendatang.

Di samping itu dalam rangka hari Pendidikan Nasional juga akan dikukuhkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa pengantar pendidikan dan bahasa bagi generasi bangsa Indonesia ke depan. 

Sebagai puncak rangkaian kegiatan Tahun Bahasa adalah peringatan 80 tahun Sumpah Pemuda sekaligus Kongres Bahasa Indonesia ke-9, yang akan berlangsung pada bulan Oktober 2008 di Jakarta.

Dendy mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk merenungi hal-hal apa saja yang telah dilakukan dengan bahasa nasional, Bahasa Indonesia.  "Dengan Tahun Bahasa ini kita bisa mengingatkan kembali kepada bangsa ini bahwa kita mempunyai jati diri, yakni bangsa Indonesia." katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com