Rabu, 1 Oktober 2014

News / Megapolitan

Jalan Thamrin-Sudirman Ditutup

Minggu, 30 Maret 2008 | 04:10 WIB

JAKARTA, MINGGU-Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di sepanjang Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman Minggu (30/3) ini dihiasi beragam acara. Ada books on the street atau perpustakaan jalanan dan pembuatan lubang biopori di sekitar Taman Semanggi.

Kepala BPLHD Budirama Natakusumah, Sabtu (29/3), mengatakan, HBKB yang berlangsung  pukul 06.00-14.00 itu kegiatan menarik yang dikonsentrasikan di dua tempat, Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Semanggi. Di Bundaran HI selain akan ditampilkan band-band ngetop dan berbagai lomba seperti futsal dan lomba bersepeda lambat. Ada juga acara bersepeda bersama dengan peserta 400-an yang dimulai dari Bundaran HI ini.

Di Taman Semanggi berlangsung berbagai kegiatan, di antaranya pembuatan 100 lubang biopori oleh mahasiswa Universitas Trisakti dan perpustakaan jalanan. Ratusan buku disediakan untuk dibaca secara gratis. Anak-anak dari beberapa sanggar, TK, dan SD akan diajari oleh puluhan polisi mengenai tata cara berlalu lintas yang baik. Seluruh acara ini merupakan inisiatif dan sumbangan masyarakat.

Menurut Budirama, ke depan acara HBKB  ini tidak hanya dilakukan di Thamrin-Sudirman, tetapi juga  di sejumlah jalan arteri. "Kalau sudah siap, saya perkirakan Juni atau Juli 2008 kita terapkan," ujarnya.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menutup sejumlah jalan dan mengalihkan arus lalu lintas yang menuju Sudirman-Thamrin. Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa), Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Chrisnanda, mengatakan penutupan dan pengalihan dilakukan pukul 06.00-14.00. "Masyarakat diimbau untuk menghindari ruas jalan tersebut, atau mencari jalan alternatif," ujarnya.

Jalan penghubung ke Sudirman-Thamrin yang ditutup adalah dua ruas Jalan KH Wahid Hasyim yang menuju perempatan Sarinah, dua ruas Jalan Kebon Sirih menuju perempatan Kebonsirih, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Medan Merdeka Barat, dan Jalan Medan Merdeka Selatan yang keduanya mengarah ke Jalan MH Thamrin maupun Bundaran Air Mancur Monas (depan Bank Indonesia).

"Selain itu, ujung jalan Telukbetung, Tanjungkarang, Imam  Bonjol, Pamekasan, dan Jalan Galunggung menuju  Sudirman juga ditutup. Termasuk jalur Semanggi atas yang ke arah utara dan selatan, lalu jalur Semanggi bawah  yang ke arah utara khusus  jalur cepat juga terkena penutupan," ujarnya.

TITIK-TITIK PENUTUPAN CAR FREE DAY
1. Jalan Sudirman-MH Thamrin mulai dari depan Gedung Artaloka hingga
 depan patung kuda depan Gedung Indosat.
2. Jalan Imam Bonjol
3. Jalan Telukbetung
4. Jalan Tanjung krang
5. Jalan Pamekasan
6. Jalan Kebonkacang
7. Jalan Sutan Syahrir
8. Jalan Budi Kemulyaan
Sumber : Polda Metro Jaya

(Warta Kota/Bum, Wid)


Editor :