Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Influenza di Kantor

Kompas.com - 02/03/2008, 17:28 WIB

Konsultasi dr Samsuridjal Djauzi

Teman sekantor saya sudah tiga orang yang terserang influenza. Gejalanya demam tinggi dan batuk pilek.

Kami semua khawatir tertular influenza karena setahu kami influenza mudah menular. Apalagi atasan kami lumayan keras. Kalau hanya sakit sedikit tidak boleh istirahat di rumah. Jika pun beristirahat di rumah harus dibuktikan sakit dengan surat dokter. Akibatnya, jika tak sakit parah karyawan terpaksa masuk juga ke kantor.

Saya sendiri baru tinggal enam bulan di Jakarta dan karena tak punya keluarga untuk menumpang terpaksa indekos dekat kantor. Saya karyawati berumur 23 tahun.

Teman-teman mengatakan influenza dapat dicegah dengan vaksinasi, tetapi saya tak yakin dengan informasi tersebut.

Apakah memang orang yang sedang sehat seperti saya harus juga divaksinasi? Adakah cara menghindari penularan influenza? Selama ini saya banyak makan buah dan sayuran. Dapatkah makanan tertentu mencegah influenza? Benarkah penyakit influenza itu dapat berbahaya? Apakah flu burung yang banyak menimbulkan kematian merupakan komplikasi penyakit influenza manusia? Kapan harus vaksinasi influenza dan di mana saya dapat memperolehnya? Adakah efek samping vaksinasi influenza? Terima kasih atas penjelasan Dokter.

M di J

Influenza merupakan penyakit yang disebabkan virus dan mudah menular. Penularan virus influenza melalui partikel kecil di udara atau dapat juga melalui kontak dengan sekret (cairan) saluran napas. Masa inkubasi mulai virus masuk sampai timbul gejala penyakit, berkisar antara satu sampai lima hari (rata-rata dua hari).

Gejala influenza ditandai demam yang mendadak tinggi, nyeri otot, sakit tenggorok, dan batuk yang umumnya tak berdahak. Gejala lain adalah pilek, nyeri kepala, dan nyeri pada daerah mata. Meski pasien merasa demam tinggi dan nyeri sehingga sering mengganggu kegiatan sehari-hari, umumnya influenza akan cepat sembuh.

Demam umumnya akan hilang setelah lima hari dan penderita akan merasa sehat kembali. Sebagian pasien mungkin akan merasa masih lemah sampai seminggu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com