Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perban Ginjal Terinspirasi Kaki Tokek

Kompas.com - 19/02/2008, 18:46 WIB

CHICAGO, SENIN - Kemampuan tokek menggantung di langit-langit telah menarik perhatian para ilmuwan dan mengembangkan teknologi untuk meniru cara kerjanya. Baru-baru ini, teknologi tersebut dimanfaatkan untuk membuat perban super lengket dan tahan air.

"Apa yang kami lakukan adalah meniru apa yang dilakukan tokek," ujar Robert Langer, seorang profesor di Institut Teknologi Massachusetts, seperti dilansir Reuters, Senin (18/2). Teknologi perban yag dikembangkannya dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences terbaru.

Perban tersebut terbuat dari material karet bio khusus yang dikembangkannya bersama Jeff Karp dari Sekolah Kedokteran Harvard. Mereka menggunakan teknologi komputer untuk merangkai lapisan demi lapisan material tersebut sehingga membentuk lekukan yang memperkuat daya rekat adhesi dengan permukaan basah.

Langer dan Rapp menambahkan lapisan tipis perekat dari gula sehingga perban tersebut sangat lengket jika ditempelkan ke permukaan basah. Pada pengujian terhadap organ pencernaan babi, kekuatan rekatnya dua kali lipat daripada perban sejenis yang permukaannya datar.

Sifatnya juga biodegradable sehingga ramah lingkungan dan aman dipakai di tubuh manusia. Bahkan, perban tersebut mungkin dapat dipakai untuk menutup luka di dalam tubuh, misalnya permukaan jaringan paru-paru, ginjal, atau jantung yang butuh perawatan karena penyakit.

"Anda dapat juga meletakkan obat di permukaannya dan menggunakan perban tersebut sebagai agen penyalur antarsel," tandas Langer.(REUTERS/WAH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com