Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok Habis, Antrean Penuhi SPBU

Kompas.com - 17/01/2008, 19:32 WIB

JAMBI, KOMPAS - Stok bahan bakar minyak atau BBM di depot Jambi habis karena pengiriman dari Plaju, Sumatera Selatan, tersendat. Antrean pengendara bermotor memenuhi SPBU hingga ke jalan, Kamis (17/1).

Di SPBU Beringin, Jambi Selatan, antrean kendaraan terjadi sejak pagi. Antrean kian memanjang, bahkan sampai ke separuh jalan, mengakibatkan arus lalu lintas tersendat. Meski BBM baru dipasok sekitar pukul 16.00, antrean kendaraan masih terus terjadi hingga malam hari.

Rafi, salah seorang pengendara motor, telah mengantre sekitar tiga jam demi mendapatkan premium. Ia sebelumnya telah mencoba membeli premium di SPBU lain, namun stoknya juga sedang habis.  “Di mana-mana bensin habis. Saya terpaksa ngantre, karena tangki bensin di motor juga hampir habis,” tuturnya.

Di SPBU Sebapo, Muaro Jambi, antrean juga terjadi. Jeriken-jeriken milik pengecer bensin diantrekan, karena seharian itu pasokan kosong. Kepala Wira Penjualan Pertamina wilayah Jambi, Ardian mengemukakan, stok premium di depot Kasang, Kota Jambi, sempat habis karena pasokan dari Plaju tersendat. Kondisi ini telah berlangsung sejak akhir Desember lalu, seiring tingginya gelombang perairan.

Pengangkutan dari Plaju ke Depot Kasang yang biasanya membutuhkan waktu perjalanan sehari semalam, menjadi molor. BBM baru sampai ke Depot Kasang setelah dua hari dua malam di perjalanan. Akibat tersendatnya suplai ke depot, pasokan BBM untuk sebanyak 16 SPBU di Kota Jambi serta SPBU lainnya di wilayah kabupaten, sempat terhenti.

“Puncak habisnya di depot kami terjadi kemarin (16/1), sehingga pagi tadi BBM belum bisa dipasok ke SPBU-SPBU,” tuturnya. Pasokan BBM dari Plaju baru sampai ke depot sekitar pukul 14.30 Wib. Ia melanjutkan, pihaknya langsung mendistribusikan BBM dengan prioritas ke 16 SPBU di Kota Jambi. “Setelah seluruh SPBU di Kota Jambi telah didistribusikan BBM, baru kami menyalurkan ke kabupaten lainnya,” katanya. (ITA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com