Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Naik, Penanaman Kedelai Diperluas

Kompas.com - 13/01/2008, 15:27 WIB

JAMBI, KOMPAS - Seiring melonjaknya harga kedelai di pasaran, Dinas Pertanian Kabupaten Tanjung Jabung Timur akan memperluas program penanaman kedelai dari 2.000 hektar menjadi 3.000 hektar. Upaya ini sekaligus membantu petani yang menjadi korban banjir baru-baru ini.
 
“Potensinya besar untuk dikembangkan petani di wilayah kami,” tutur Tri Yoga, Kepala Dinas Pertanian Tanjung Jabung Timur, Minggu (13/1).
 
Di wilayah tersebut, petani menyambut antusias panen kedelai karena harga jualnya yang sangat menguntungkan. Untuk saat ini, harga jual kedelai di tingkat petani mencapai Rp 7.000 per kilogram. Harga ini naik dibanding sebelumnya Rp 3.600 pada awal tahun. Di panen tahun 2007 lalu, harga kedelai hanya Rp 2.900.
 
Tri Yoga melanjutkan, karena petani antusias melihat naiknya harga kedelai, banyak yang kemudian mengajukan bantuan untuk pembukaan areal penanaman kedelai. Atas perkembangan tersebut, rencana semula mengembangkan penanaman kedelai sekitar 2.000 hektar akan diperluas lagi. “Setelah musim tanam padi nanti, petani akan melanjutkan penanaman kedelai,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com